Thursday, March 29, 2018

Kisi Kisi Ujian Sekolah Pkn & Ips Sd 2018 K13 Doc + Usbn Pdf

Pada postingan kali ini admin Zagim akan mencoba membagikan gosip yang diharapkan oleh guru sd indonesia. Informasi ini tentunya ada kaitannya dengan Ujian Sekolah yang akan dilaksanakan pada bulan mei tahun 2018.

Adapun gosip ini wacana kisi kisi ujian Sekolah (US) Diluar mata pelajaran USBN. Sebagaimana kita ketahui mata pelajaran yang diujikan pada USBN ada 3 (tiga) yaitu Bahasa INdonesia, IPA dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan yang akan coba admin bagikan kali ini sebagai tumpuan bapak dan ibu guru yakni mata pelajaran PKN dan IPS.

Baik, untuk lebih jelasnya dibawah merupakan format lengkap kisi kisi Ujian Sekolah mata pelajaran PKN dan IPS yang merupakan non mapel USBN. File dalam format Word sanggup anda download melalui tautan dibawah ini.

id akan mencoba membagikan gosip yang diharapkan oleh guru sd indonesia Kisi Kisi Ujian Sekolah PKN & IPS Sd 2018 K13 Doc + USBN PDF
No.
Materi
Indikator
No. Soal
1.
Pancasila Sebagai Idiologi Bangsa, Hak dan Kewajiban, dan Kebhinekaan
Peserta didik sanggup memilih makna atau arti dari salah satu gambar simbol-simbol sila Pancasila
1
Peserta didik sanggup menjelaskan arti/makna atau sejarah kata  “Bhinneka Tunggal Ika”
2
Disajikan gambaran wacana keberagaman suku/agama, Peserta didik sanggup memilih penerapan nilai-nilai sila Pancasila dalam gambaran tersebut.
3
Peserta didik sanggup menyebutkan pola perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai sila kedua Pancasila
4
Peserta Didik sanggup menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila sebagai dasar Negara
5
Disajikan beberapa rumusan dasar Negara, Peserta didik sanggup menyebutkan tokoh yang mengemukakan rumusan dasar Negara tersebut.
6
Peserta didik sanggup memilih tokoh-tokoh yang berperan dalam perumusan Dasar Negara
7
Peserta didik sanggup memilih nilai kebersamaan dalam proses perumusan dasar negara
8
Peserta didik sanggup menyebutkan pola hak atau kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.
9
Peserta didik sanggup menyebutkan pola keberagaman (suku/budaya/bahasa) di suatu daerah.
10
Disajikan gambar salah satu kebudayaan daerah, akseptor didik sanggup memilih asal kebudayaan tersebut.
11
2.
Sistem Pemerintahan dan Peraturan Perundang-undangan
Peserta didik sanggup menjelaskan pentingnya peraturan perundang-undangan
12
Peserta didik sanggup mengurutkan tata peraturan perundang-undangan
13
Peserta didik sanggup menyebutkan forum yang berwenang membuat/menyusun peraturan daerah
14
Peserta didik sanggup menyebutkan pola peraturan yang ditetapkan pemerintah sentra atau daerah
15
Peserta didik sanggup Menjelaskan sistem pemerintahan di tingkat desa/kelurahan
16
Disajikan struktur organisasi (Pemerintahan desa/kecamatan) yang belum lengkap, akseptor didik sanggup melengkapi struktur organisasi tersebut dengan tepat.
17
Peserta didik sanggup Menjelaskan sistem pemerintahan Provinsi atau Kabupaten/Kota
18
Peserta didik sanggup memilih nama pimpinan tempat provinsi atau kabupaten/kota setempat.
19
Disajikan nama-nama forum pemerintahan, akseptor didik sanggup menyebutkan forum pemerintahan tingkat pusat.
20
Peserta didik sanggup memilih wewenang DPR
21
Peserta didik sanggup memilih wewenang MPR
22
Peserta didik sanggup memilih kiprah atau wewenang Presiden
23
3.
Kebebasan berorganisasi dan Keputusan bersama
Peserta didik sanggup menjelaskan pengertian atau manfaat berorganisasi
24
Peserta didik sanggup memilih pola organisasi di lingkungan masyarakat/sekolah
25
Peserta didik sanggup menjelaskan cara menghargai keputusan bersama. 
26
Peserta didik sanggup menjelaskan pola penerapan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
27
Peserta didik sanggup menjelaskan asas Pemilu
28
Peserta didik sanggup menjelaskan arti mufakat dalam musyawarah
29
Peserta didik sanggup memilih penerapan nilai Pancasila dalam musyawarah
30
4.
Persatuan dan Kesatuan
Peserta didik sanggup memilih pola saling memenuhi keperluan hidup antar tempat untuk menumbuhkan keutuhan nasional
31
Peserta didik sanggup menyebutkan pola kegiatan dalam menjunjung persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat
32
Peserta didik sanggup memilih pola nilai-nilai persatuan pada masa penjajahan, pergerakan, dan dan kemerdekaan
33
Peserta didik sanggup menyebutkan pola perilaku bertanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari.
34
Peserta didik sanggup menyebutkan pola cara menegakkan hukum di lingungan sekolah/masyarakat
35
Peserta didik sanggup menyebutkan pola cara menjaga ketertiban di lingungan sekolah/masyarakat
36
5.
Globalisasi dan Hubungan Internasional
Peserta didik sanggup menjelaskan pengertian globalisasi
37
Peserta didik sanggup menjelaskan penerapan globalisasi dalam kehidupan sehari-hari
38
Peserta didik sanggup mengidentifikasi kendala atau tantangan dalam menghadapi globalisasi
39
Peserta didik sanggup menyebutkan manfaat kerjasama dengan Negara-negara di dunia
40
Peserta didik sanggup menjelaskan sejarah berdirinya ASEAN
41
Peserta didik sanggup menjelaskan tujuan berdirinya ASEAN
42
Peserta didik sanggup menyebutkan tokoh-tokoh/Negara-negara penggagas berdirinya ASEAN
43
Peserta didik sanggup menyebutkan jumlah Negara-negara ASEAN
44
Peserta didik sanggup menjelaskan landasan idiil/konstitusional/operasional politik luar negeri Indonesia
45
Peserta didik sanggup menyebutkan pola kerjasama Indonesia dengan Negara lain dalam bidang ekonomi
46
Peserta didik sanggup menyebutkan pola kerjasama Indonesia dengan Negara lain dalam bidang pertahanan dan keamanan
47
Peserta didik sanggup menyebutkan pola kerjasama Indonesia dengan Negara lain dalam bidang kebudayaan
48
Peserta didik sanggup menyebutkan pola kerjasama Indonesia dengan Negara lain dalam bidang pendidikan
49
Peserta didik sanggup menyebutkan nama tokoh/pelajar/prestasi Indonesia yang mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional
50


No.
Materi
Indikator
No. Soal
1.
Kondisi geografis
Disajikan peta wilayah setempat, akseptor didik sanggup memilih ibu kota wilayah tersebut melalui simbol peta.
1
Disajikan gambar peta dengan ukuran (dalam cm) disertai jarak antar wilayah sebenarnya, akseptor didik sanggup memilih skala peta.
2
Menentukan kenampakan alam paling populer yangterdapat di provinsi setempat.
3
Disajikan gambaran suatu kegiatan/laporan perjalanan, akseptor didik sanggup memilih perbedaan waktu antar wilayah.
4
Menentukan sejarah/tanggal dibentuknya provinsisetempat.
5
2.
Aktivitas masyarakat dalam kaitannya dengan sumber
Daya alam dan kegiatan ekonomi
Disajikan beberapa pola sumber daya alam, akseptor didik sanggup mengelompokkan sumberdaya alamberdasarkan kriteriatertentu.
6
Peserta didik dapatmenentukan kegiatan penduduk sesuaidengan kondisi geografisnya atau sumberdaya alam.
7
Peserta didik sanggup memilih jenis kegiatan ekonomipenduduk di wilayah setempat.
8
Peserta didik sanggup memilih usaha pemerintah dalammeningkatkan ekonomi penduduk didaerah tertentu.
9
Peserta didik dapatmenentukan peranan koperasi bagiperekonomian bangsa Indonesia
10
Disajikan beberapa ilustrasi/pernyataan, akseptor didik sanggup mengidentifikasi manfaat koperasi bagianggota koperasi.
11
Peserta didik sanggup mengidentifikasi alat-alat produksi modern atau tradisional.
12
Peserta didik sanggup memilih ciri-ciri alat teknologi atau komunikasi masa kemudian atau masa kini.
13
Disajikan pernyataan, akseptor didik dapatmengidentifikasi laba atau kerugian alat komunikasi tertentu.
14
Disajikan pernyataan, akseptor didik sanggup memilih kelebihan atau kekurangan alat transportasi tertentu.
15
3.
Peninggalan sejarah dan keadaan sosial-budaya
Peserta didik sanggup menentukanfaktor yang menjadikan perbedaan keragaman sosial di Indonesia.
16
Peserta didik sanggup memilih cara menghargai keragaman suku bangsa.
17
Peserta didik sanggup memilih asal suatu suku bangsa.
18
Disajikan gambar wacana kebudayaan di suatu tempat, akseptor didik sanggup memilih asal budaya yang terdapat pada gambar
19
Disajikan pola permasalahan yang dialami penduduk di suatu tempat, akseptor didik sanggup memilih upaya mengatasi permasalahan tersebut dengan tepat.
20
Peserta didik sanggup memilih cara menghargai peninggalan sejarah.
21
Peserta didik sanggup memilih peninggalan sejarah masa Hindu Buddha.
22
Peserta didik sanggup memilih peninggalan sejarah masa Islam.
23
Peserta didik sanggup menentukancontoh peninggalan sejarah yang terdapat di wilayah setempat.
24
Peserta didik sanggup memilih cara melestarikan peninggalan sejarah.
25
Disajikan gambar peninggalan sejarah, akseptor didik sanggup memilih asal peninggalan sejarah tersebut.
26
Disajikan peta, akseptor didik sanggup mengatakan tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional.
27
4.
Peranan tokoh sejarah sebelum dan sesudah
Proklamasi
Peserta didik sanggup menentukannama tokoh sejarah atau pendekar di wilayah setempat.
28
Peserta didik sanggup memilih peranan salah satu tokoh sejarah pada masa penjajahan Belanda/Jepang.
29
Peserta didik sanggup memilih pola perilaku menghargai usaha para pahlawan/pejuang pada masa penjajahan.
30
Peserta didik sanggup memilih peranan salah satu tokoh sejarah dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan.
31
Peserta didik sanggup memilih peranan salah satu tokoh sejarah dalam mempertahankan kemerdekaan
32
Peserta didik sanggup memilih peranan tokoh sejarah setelah kemerdekaan.
33
Peserta didik sanggup memilih perilaku para pendekar yang perlu diteladani oleh generasi bangsa Indonesia.
34
5.
Wilayah dunia dan globalisasi
Peserta didik sanggup memilih tanda-tanda alam utama di salah satu negara tetangga.
35
Peserta didik sanggup menentukancontoh tanda-tanda alam di Benua Asia.
36
Peserta didik sanggup memilih karakteristik Benua Australia.
37
Peserta didik sanggup memilih tanda-tanda alam di Benua Amerika atau di Benua Afrika.
38
Peserta didik sanggup memilih tanda-tanda alam di Benua Eropa.
39
Peserta didik dapatmenjelaskan cara menghadapi tragedi alam.
40
Peserta didik sanggup memilih penyebab terjadinya musibah di tempat tertentu.
41
Peserta didik sanggup memilih kehidupan sosial budaya di salah satu negara tetangga.
42
Disajikan peta salah satu benua, akseptor didik sanggup menentukancontoh sumber daya alam di negara yang ditunjukkan pada peta.
43
Peserta didik sanggup memilih peranan pendidikan pada periode globalisasi
44
Peserta didik sanggup memilih efek positif atau negatif globalisasi.
45
Peserta didik sanggup memilih perilaku yang harus dikembangkan dalam menghadapi efek globalisasi.
46
Peserta didik sanggup memilih komoditi pola barang ekspor Indonesia.
47
Peserta didik sanggup memilih komoditi pola barang imporIndonesia.
48
Menentukan laba atau kerugian barang ekspor atau impor
49
Menjelaskan manfaat ekspor atau impor barang dalam hal kolaborasi dengan negara ekspor/impor.
50

Demikian kisi kisi USBN dan Ujian Sekolah SD yang sanggup admin bagikan.

No comments:

Post a Comment