Agar sanggup menciptakan karya lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) yang menimbulkan guru pemenang pada lomba Inobel 2018. Tentu saja kiprah judul cukup penting dalam memilih evaluasi Juri.
Yang tak kalah pentingnya lagi yakni para penerima lomba (guru) dalam hal ini harus membaca pedoman inobel 2018. Jika belum memilikinya silahkan download disini.
Untuk mempermudah anda kami menawarkan rujukan yang penting dalam penulisan inobel 2018 yakni Penjelasan setiap komponen dalam sistematika penulisan sebagai berikut
Judul1. Ditulis dengan abjad kapital.
2. Singkat, jelas, padat, dan informatif.
3. Maksimum 20 kata.
4. Contoh halaman judul sanggup dilihat pada Lampiran 1, dan pola halaman ratifikasi pada Lampiran 6 ..
Abstrak
1. Memuat secara ringkas tujuan, metode, dan hasil
2. Memuat 2-5 kata kunci
3. Ditulis dalam 200-250 kata
4. Spasi 1 (single)
Pendahuluan
1. Latar Belakang
Menjelaskan kondisi yang diharapkan/das sollen, kenyataan yang ada/das sein, dan gagasan/solusi yang ejekan serta urgensi pencapaian tujuan pendidikan nasional.
2. Rumusan Masalah
Menggambarkan permasalahan pembelajaran yang mengakibatkan ketidaktercapaian tujuan pembelajaran.
3. Tujuan
Berisi butir-butir sasaran penemuan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran sanggup dicapai.
4. Manfaat
Menggambarkan manfaat dari implementasi hasil karya penemuan dalam pembelaj aran.
Landasan
A. Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran Teori Membahas aneka macam teori yang in line dengan variabel-variabel dalam
kajian.
Mengemukakan teori yang melandasi penyusunan karya penemuan pembelajaran untuk mengatasi atau memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran sanggup dicapai secara optimal.
Komponen I Penjelasan
Karya Inovasi Pembelajaran
B. Hasil Inovasi yang Relevan
Mencatumkan sekurang-kurangnya 2 hasil penelitian atau karya penemuan orang lain yang relevan dengan ilham dasar naskah penerima inobel
1. Ide DasarPemyataan yang melandasi pernikiran dan gagasan, atau hal yang mengispirasi produk yang dikembangkan.
Penjelasan perihal konsep dasar dan pendekatan teoretik dalam perencanaan karya penemuan pembelajaran, jenis penemuan pembelajaran, desain/rancang bangun, dan definisi operasional karya penemuan pembelajaran.
Penjelasan perihal keaslian penemuan pembelajaran.
2. Rancangan Karya Inovasi PembelajaranTahapan perancangan dari ilham dasar, yang berisi altematif bentuk karya penemuan pembelajaran yang diperoleh dari implementasi teori. Pada cuilan ini juga memuat perihal kespesifikan/keunikan penemuan pembelajaran.
3. Proses Penemuan/PembaruanPenjelasan prosedur kerja yang dipakai dalam implementasi ilham dasar rancangan penemuan pembelajaran, meliputi prototipe, simulasi, pemodelan, dan lain-lain. Bagan alir perihal proses penyusunan/pembuatan karya penemuan pembelajaran dibentuk secara sistematis meliputi masukan, proses, dan keluaran. Penjelasan perihal kebaharuan penemuan pembelajaran.
4. Aplikasi Mudah dalam PembelajaranPenjelasan penerapan produk inovatif yang memunculkan kompetensi unggulan pada acara pembelajaran di dalam maupun di luar kelas.
5. Data Hasil Aplikasi Mudah Inovasi PembelajaranPenjelasan perihal hasil penerapan/praktik penemuan pembelajaran dalam wujud data kuantitatif maupun kualitatif.
Komponen I - Penjelasan PenutupDaftar
Pustaka
Lampiran
6. Analisis Data Hasil Aplikasi Mudah Inovasi Pembelajaran Pembahasan yang didasarkan atas data kuantitatif maupun kualitatif yang diperoleh pada ketika aplikasi mudah penemuan pembelajaran.
7. Diseminasi Penyajian hasil penyebarluasan hasil karya penemuan pembelajaran dalam lembaga ilmiah minimal pada rekan sejawat atau KKG. Pada cuilan ini sanggup dideskripsikan perihal jawaban atau um pan balik dari penerima diseminasi.
1. SimpulanBerisi butir-butir capaian dari karya penemuan pembelajaran yang merujuk pada rumusan masalah.
2. SaranBerisi butir-butir/catatan untuk ditindaklanjuti dalam peningkatan kualitas pembelajaran.
1. Daftar Pustaka disusun sesuai dengan kaidah penulisan kepustakaan. Hanya pustaka yang dikutip dalam karya penemuan yang dicantumkan dalam daftar pustaka.
2. Sumber pustaka disarankan diterbitkan dalam kurun waktu 10 Tahun terakhir
3. Sumber pustaka diutamakan memakai rujukan primer/penulis buku dan teori langsung
4. Sekurang-kurangnya 5 (lima) pustaka/referensi yang relevan. Pindaian:
I . Kartu Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
2. Surat rekomendasi mengikuti perlombaan dari atasan eksklusif dan tembusan disampaikan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota;
3. Fotokopi ijazah yang dilegalisasi oleh atasan;
4. Surat pemyataan tidak sedang diikutsertakan dalam Jomba sejenis tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada Tahun yang sama;(lihat Lampiran 4)
5. Surat pemyataan keaslian karya dan belum pemah menjadi Juara/Peringkat I, II, dan III tingkat nasional pada perlombaan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dalam
Komponen Penjelasanlima Tahun terakhir; (lihat Lampiran 4)
6. Surat pemyataan bahwa karya penemuan pembelajaran tersebut telah didiseminasikan pada sobat sejawat yang diketahui oleh kepala sekolah; (lihat Lampiran 4)
7. Surat keterangan tidak sedang kiprah berguru yang didanai Pemerintah. (lihat Lampiran
Berikut admin bagikan 250 karya inobel sebagai rujukan untuk guru yang akan mengikuti lomba inobel tahun 2018. Silahkan download dibawah ini
- CONTOH 1 KARYA INOBEL 2018 SD 149MB- SIMPAN FILE
- CONTOH 2 KARYA INOBEL 2018 SD 149MB- SIMPAN FILE
- CONTOH 3 KARYA INOBEL 2018 SD 149MB- SIMPAN FILE
- CONTOH 4 KARYA INOBEL 2018 SD 149MB- SIMPAN FILE
- CONTOH 5 KARYA INOBEL 2018 SD 149MB- SIMPAN FILE
Demikian ratusan pola karya inobel yang sanggup anda jadikan referensi.
No comments:
Post a Comment