Wednesday, June 27, 2018

Rpp K13 Kelas 3 Tema 1 Revisi 2018 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup

Sudah Tersedia RPP k13 tema 1 revisi 2018 - Sahabat guru Indonesia. Tahun Pelajaran gres 2018/2019 tidak usang lagi akan dimulai. Para guru sd sebaiknya mempersiapkan perangkat mengajar mulai dari kini sebagai persiapan semester ganjil nanti.

Pada tahun pedoman sebelumnya pemerintah memang belum menerbitkan buku k13 revisi terbaru khusus untuk kelas 3 (tiga). Tapi tahun ini buku guru dan siswa kini telah diterbitkan. Nah mengenai daftar harganya sanggup anda lihat di keputusan mendikbud wacana spesifikasi dan daftar harga eceran tertinggi buku guru dan siswa - DOWNLOAD DISINI

Salah satu pendukung perangkat pembelajaran guru sd di kelas yaitu rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang diwajibkan telah terintegrasi literasi, PPK, dan 4C yang sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016.

Adapun pada posting kali ini akan admin bagikan rpp tematik kelas III (tiga) tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup sesuai dengan buku k13 revisi terbaru tahun 2018/2019. Untuk lebih jelasnya berikut ini misalnya sanggup anda lihat dibawah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN 24 Rambang Dangku
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 1                            :     Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1                   :     Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran                :     1
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.


3.4.1 Menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup.


Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

3.1.1  Membilang secara urut bilangan 1.000 hingga dengan 10.000.
3.1.2 Membilang secara loncat bilangan 1.000 hingga dengan 10.000.

2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1.1 Membilang dan menuliskan bilangan 1.000 hingga 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan).

SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

3.2.1 Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana.

2
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.
4.2.1 Memeragakan pola irama sederhana.
4.2.2 Membuat pola irama sederhana.


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengamati, siswa sanggup mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.
2.    Setelah mengamati, siswa sanggup memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.
3.    Setelah mengamati, siswa sanggup menciptakan pola irama sederhana dengan benar.
4.    Setelah mengamati, siswa sanggup memeragakan pola irama sederhana yang sudah dibentuk dengan percaya diri.
5.    Setelah mengamati gambar, siswa sanggup menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
6.    Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa sanggup menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
7.    Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa sanggup membilang secara urut bilangan 1.000 hingga dengan 10.000 dengan benar.
8.    Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa sanggup membilang secara loncat bilangan 1.000 hingga dengan 10.000 dengan benar.
9.    Setelah mengamati contoh, siswa sanggup membilang dan menuliskan bilangan 1.000 hingga 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.


v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melaksanakan apersepsi dengan bermain tebak binatang atau bercerita pengalaman pergi ke kebun binatang untuk mengawali pembahasan wacana ciriciri makhluk hidup.

10 menit
Inti
§  Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding.
§  Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding.
§  Siswa mengamati tanda       dan          yang ada pada syair lagu.
§  Jika ada tanda      artinya menyanyi dengan bunyi pendek.
§  Jika ada tanda      artinya menyanyi dengan bunyi panjang.
§  Misalnya : ci-cak-ci-cak-di-din-diiing.
§  Siswa berlatih menyanyi secara bergantian.
§  Guru memberikan bahwa lagu Cicak di Dinding termasuk lagu yang mempunyai pola irama sederhana. Karena pola lagu di setiap baris hampir sama.
§  Siswa diminta mengamati baris lagu yang mempunyai pola sama dan pola yang berbeda.
§  Siswa berlatih menuliskan pola memakai simbol bunyi panjang dan bunyi pendek.
§  Buat pola dengan banyak sekali macam variasi.
§  Lalu siswa berlatih menyanyikan pola yang sudah dibentuk dengan bunyi ta (pendek) dan taaa (suara panjang). Creativity and Innovation
§  Siswa mencoba menyanyikan lagu dengan pola yang sama setiap barisnya (panjang semua atau pendek semua)
§  Siswa memberikan perasaannya jikalau semua bunyi pada lagu sama.
§  Adanya banyak sekali variasi pola bunyi lagu menciptakan lagu terdengar lebih asyik tidak membosankan.
§  Siswa mengamati gambar.
§  Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup menurut gambar. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup.
§  Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar. Mandiri
§  Gambar cicak:
§ Cicak hidup di darat
§ Cicak bergerak merayap di dinding
§ Cicak makan nyamuk
§ Cicak suka tetapkan ekornya
§  Gambar ikan di aquarium
» Ikan hidup di air.
» Ikan bergerak berenang memakai sirip.
» Dan lain-lain.
§  Kesimpulannya ikan dan cicak sama-sama makhluk hidup. Ciri-ciri makhluk hidup dari kedua binatang tersebut yaitu bergerak, butuh makanan, dan lain-lain.
§  Ciri-ciri makhluk hidup yaitu bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan kuliner dan air, peka terhadap rangsang.
§  Makhluk hidup sanggup bergerak sehingga sanggup berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Manusia berjalan atau berlari memakai kaki. Burung terbang memakai sayap. Ikan berenang memakai sirip, dan lain-lain.
§  Makhluk hidup bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup bermacam-macam.
§  Manusia bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan insang. Serangga bernapas dengan trakea. Tumbuhan bernapas dengan stomata.
§  Makhluk hidup tumbuh. Manusia saat bayi tubuhnya kecil kemudian berangsur-angsur tumbuh menjadi besar. Begitupun binatang dan flora mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan yaitu proses bertambahnya ukuran tubuh.
§  Makhluk hidup berkembang biak. Misalnya pada manusia, ibu melahirkan bayi. Ini mengambarkan insan berkembang biak. Berkembang biak artinya menghasilkan keturunan. Hewan pun berkembang biak. Ada binatang yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan bertelur. Begitupun flora juga berkembang biak. Tujuan berkembangbiak yaitu melestarikan jenisnya semoga tidak punah.
§  Memerlukan kuliner dan air. Setiap makhluk hidup memerlukan kuliner dan air. Karena kalau tidak makan dan minum, makhluk hidup akan mati.
§  Makhluk hidup mempunyai ciri peka terhadap rangsangan. Rangsang yaitu sesuatu yang sanggup memengaruhi kerja organ tubuh. Misalnya saat melihat sinar matahari, secara impulsif kita akan menutup mata.
§  Membandingkan gambar cicak dan ikan mas. Keduanya sama-sama berkembangbiak dengan cara bertelur. Ikan mas bertelur hingga dengan ribuan.
§  Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan. Communication
§  Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4 orang sahabat lainnya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 hingga dengan 10.000 yang ada pada buku.
150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melaksanakan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.    Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b.    Bagaimana perasaan sehabis mencoba menciptakan pola nyanyian menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek?
c.    Apa kegiatan yang paling disukai?
d.    Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana cara siswa mendapat informasi tersebut?
¡   Pertanyaan yang diajukan guru sanggup dijawab secara verbal atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan tanggapan pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
¡   Menyanyikan lagu kawasan “Sinanggar Tulo”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh dipimpin oleh siswa yang diberi tugas. Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Kartu nama dan bilangan 1.000 hingga 10.000.
¡  Berbagai poster pertumbuhan manusia, hewan, dan tanaman.
¡  Berbagai acara makhluk hidup.
¡  Teks lagu Cicak atau jikalau memungkinkan alat audio semoga siswa sanggup mendengarkan langsung.
¡  Buku teks siswa dan guru.



Mengetahui
Kepala Sekolah




Andra, S.Pd.
NIP. 123456
…………, ………….2018
Guru Kelas III




wuji, S.Pd.
NIP. 19758

 Para guru sd sebaiknya mempersiapkan perangkat mengajar mulai dari kini sebagai persi RPP k13 Kelas 3 Tema 1 Revisi 2018 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Bagi bapak dan ibu yang membutuhkan perangkat pembelajaran kelas 3 revisi 2018 tema 1 silahkan hubungi FB saya di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". atau wa ke 085273216532

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA SATU SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 - 6DOC - SIMPAN RPP

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA SATU SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA SATU SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 - 6 DOC - SIMPAN RPP

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA SATU SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1 - 6 DOC - SIMPAN RPP

Telah tersedia file rpp k13 kelas 3 tema 1 revisi 2018, pantau terus blog ini untuk mengikuti update terbaru file perangkat pembelajaran dari kami

No comments:

Post a Comment