Berbagi referensi rpp kelas 3 revisi 2018 tema 4 lengkap, bisa anda lihat melalui kutipan dibawah ini sebagai referensi. Semoga bermanfaat.
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis. | 3.10.1 Menunjukkan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian duduk kasus (sederhana) |
2 | 4.10 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri | 4.10.1Menuliskan saran tentang kewajiban yang seharusnya dilakukan |
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah | 3.3.1Menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah diketahui |
2 | 4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah | 4.3.1Membuat permasalahan berkaitan dengan penjumlahan dua ilangan cacah dengan hasil ang ditentukan sendiri |
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu | 3.2.1 Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dalam lagu |
2 | 4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu | 4.2.1Memeragakan pola irama sederhana dalam lagu dengan tepukan |
v Karakter siswa yang diharapkan : | Religius Nasionalis Mandiri Gotong Royong Integritas |
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Guru membuka pembelajaran dengan berdoa bersama yang dipimpin salah satu siswa. Religius ¡ Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa memberikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. ¡ Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman pembuka subtema. ¡ Minta mereka memperlihatkan pendapat mengenai gambar tersebut dengan cara bertanya jawab dengan sobat di sebelahnya. ¡ Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi ¡ Minta siswa memberikan pendapat sobat di sebelahnya dari hasil tanya jawab. Communication ¡ Siswa membaca teks pada halaman pembuka subtema dengan nyaring dan menyimpulkan apa yang akan mereka pelajari ahad ini. ¡ Guru memberikan bahwa mereka akan membahas perihal kewajiban dan hak, memberi saran, penjumlahan, istirahat untuk kesehatan, dan menyanyi dengan pola irama sederhana dengan tepukan. Communication | 10 menit |
Inti | § Siswa mengamati gambar yang ada dan berlatih menciptakan pertanyaan terkait gambar. Mandiri § Arahkan dengan kata tanya apa, siapa, mengapa, bagaimana. Mengapa ayah dan ibu begitu perhatian kepada Siti? Bagaimana kira-kira perasaan Siti? Bagaimana kalau orang bau tanah Siti tidak perhatian kepadanya? § Mintalah siswa mengerjakannya bersama teman di sebelahnya. Collaboration § Pertanyaan yang dibentuk sanggup mereka salin di buku latihan. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan. § Kegiatan dilanjutkan dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca teks. § Siswa berlatih membaca tanpa bunyi (membaca senyap). Siswa membaca sambil mengamati isi teks. § Siswa menyimak guru memberi referensi cara membaca teks yang baik. Beberapa siswa menerima kesempatan membaca teks dengan baik. Siswa dibantu membaca dengan baik dan bunyi harus terang terdengar semua temantemannya. Berilah motivasi kepada siswa yang bersuara pelan ketika membaca. Selanjutnya siswa diminta berlatih membaca secara berdikari di ketika luang. Critical Thinking and Problem Solving § Jika memungkinkan, beri siswa kesempatan untuk bertanya terkait teks dan siswa lain diberi kesempatan menjawab sebelum guru merespon. § Siswa kembali mengamati teks dan mencari kalimat yang berisi saran di dalam teks. § Siswa menggaris bawahi kalimat yang menyatakan saran yang ditemukannya pada teks. Beberapa siswa menerima kesempatan membaca nyaring kalimat-kalimat saran yang ditemukannya pada teks. Siswa lain sanggup membantu mengoreksi jika ada yang salah. § Siswa mengidentifikasi kata-kata yang biasa dipakai dalam kalimat saran seperti seharusnya dan sebaiknya. § Mintalah siswa bertanya jawab dengan sobat di sebelahnya perihal pengalamannya berkaitan dengan kasih sayang orang bau tanah di rumah. Gotong Royong § Beberapa siswa diberi kesempatan memberi contoh kewajiban dan hak berkaitan dengan kasih sayang berdasarkan pengalamannya di rumah. Kegiatan ini dilakukan sebagai pembuka untuk menyelesaikan latihan menciptakan kalimat saran. § Beberapa siswa diberi kesempatan menyampaikan contoh kewajiban dan hak terkait kasih sayang orang tua yang telah ia diskusikan bersama temannya. Gotong Royong § Siswa menuliskan saran yang harus dilakukan berkaitan dengan hak yang terdapat pada buku dengan memakai bahasa baku dan kalimat efektif. § Siswa membaca teks kisah perihal permasalahan berkaitan dengan matematika pada buku. Siswa diberi kesempatan mengamati dan bertanya kalau ada hal yang tidak jelas. Guru menjelaskan hal yang tidak dipahami siswa perihal permasalahan tersebut. § Siswa berlatih memilih dua bilangan cacah yang hasil jumlahnya sudah diketahui. Bantu siswa dengan contoh-contoh sederhana. Misalnya, kalau jumlah hari belajar Siti 100, berapa kemungkinan banyaknya hari Siti berguru sendiri dan berguru ditemani orang tuanya? Siswa memberi referensi beberapa kemungkinan. Lalu siswa mengerjakan soal kisah pada buku. § Setelah memahami permasalahan, siswa mencoba menyelesaikan permasalahan penjumlahan yang ada pada buku. Siswa diminta bekerja dengan teliti dan mengecek kembali kalau sudah selesai. Critical Thinking and Problem Solving § Setelah berhasil menuntaskan permasalahan yang ada, siswa diminta untuk membuat duduk kasus sendiri dan mencarikan pemecahannya. Siswa mendapat kesempatan berkreasi dengan bilangan pilihannya sendiri dan menuliskannya pada buku. § Siswa mengenal lagu perihal membalas kasih sayang orang tua. Beri kesempatan kepada siswa untuk mengenal lirik lagu terlebih dahulu. Mintalah pendapat siswa perihal isi lagu. Isi lagu diharapkan mengajarkan mereka bagaimana bersyukur dan berterima kasih kepada orang bau tanah atas kasih sayangnya. § Setelah siswa mengamati isi lagu, guru bertanya kepada siswa apakah ada yang sudah dapat menyanyikan lagu yang terdapat pada buku. Siswa yang sudah mengenal lagu menyanyikan lagu di depan kelas. Jika tidak ada siswa yang mengenal lagu, mintalah mereka menyanyikannya sesuai dengan kreasi mereka masing-masing. Mereka dapat mencobanya bersama sobat di sebelahnya. Beberapa siswa menerima kesempatan mencoba menyanyikan lagu tersebut sesuai dengan kreasinya. Setelah dua orang mencoba, guru memberi contoh bagaimana menyanyikan lagu itu dengan benar. § Setelah menyimak temannya atau guru menyanyikan lagu “Jika Ibuku Tua Nanti”, siswa berlatih menyanyikan lagu sesuai dengan pola iramanya dibimbing guru. Siswa menyanyikan lagu sambil bertepuk tangan sesuai dengan pola irama lagu. § Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anggota sekitar 5-7 siswa. Beri siswa kesempatan berlatih menyanyikan lagu “Jika Ibuku Tua Nanti” sesuai dengan irama lagu. Minta mereka menyanyi dengan banyak sekali suara. Biarkan mereka memilih sendiri. Misalnya, dengan bunyi lembut sambil menghayati isi lagu, dengan bunyi keras, dan dengan suara ibarat berbisik. Minta mereka serius dan percaya diri sambil bertepuk tangan. Kemudian beri kesempatan setiap kelompok memberi pendapat cara menyanyi yang terbaik. Collaboration § Setelah semua kelompok memperlihatkan pendapatnya, ajak mereka bernyanyi bersama-sama. Integritas § Siswa menceritakan perasaan dan pendapatnya setelah menyanyikan lagu. | 150 menit |
Penutup | ¡ Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali kegiatan hari itu. Siswa memejamkan mata, membayangkan kembali apa yang telah mereka dapatkan hingga pelajaran akan ditutup. Masih memejamkan mata, siswa mengucapkan syukur kepada Tuhan atas karunianya hari ini. Berterima kasih atas orang bau tanah yang penyayang, guru yang baik hati, dan teman-teman yang menyenangkan. Religius | 15 menit |
Mengetahui Kepala Sekolah joni, S.Pd. NIP. 19570709 197803 1 001 | …………, ………….2018 Guru Kelas III zulnain, S.Pd. NIP. 19730101 198703 2 005 |
Apakah bapak dan ibu guru kelas 3 (tiga) sd yang mengajar sekolah k13 sudah menciptakan perangkat pembelajaran semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Jika belum alangkah baiknya sudah mulai dari kini mempersiapkannya.
Salah satu persiapan awal yaitu mencari referensi untuk pembuatan perangkat k13 kelas 3 semester ganjil yakni Buku K13 revisi 2018. Buku tersebut ketika ini sudah mulai dijual di pasaran atau di ecerkan. Untuk harganya anda bisa membaca keputusan mendikbud, disana tertuang spesifikasi buku juga harga eceran tertinggi buku k13.
RPP k13 kelas 3 sd revisi 2018 harus dibentuk atau disusun menurut permendikbud nomor 22 tahun 2016 dan juga buku tematik guru & siswa revisi 2018 yang diterbitkan kemdikbud. Untuk bukunya silahkan anda download di laman buku.kemdikbud.go.id
Bagi bapak dan ibu yang membutuhkan file lengkapnya silahkan hubungi FB saya di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". atau wa ke 085273216532
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA IV SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA IV SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1-6 - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA IV SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1-6 - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA IV SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1-6 - SIMPAN RPP
file rpp k13 kelas 3 tema 4 revisi 2018 telah tersedia, pantau terus blog ini untuk mengikuti update terbaru file perangkat pembelajaran dari kami
No comments:
Post a Comment