contoh rpp matematika kelas 4 semester 1 kurikulum 2013 SD yang akan admin bagi pada postingan kali ini merupakan revisi terbaru lantaran sudah terintegrasi literasi, PPK, 4C dan hots. RPP matematika ini terdiri dari 12 kompetensi dasar yang masing-masing alokasi waktu sesuai yang ditentukan dari jadwal tahunan guru kelas.
Adapun materi pokok rpp matematika semester ganjil ini sesuai dengan buku revisi 2017 yaitu meliputi pecahan senilai, pecahan, Taksiran Hasil Pengoperasian Dua Bilangan Pecahan, faktor dan kelipatan, bilangan prima dan terakhir Faktor komplotan terbesar (FPB) & kelipatan komplotan terkecil (KPK). Semoga dipahami.
Selain rpp matematika k13 kelas 4 semester 1 kami juga membagikan perangkat pembelajaran pendukung lainnya menyerupai cover, KI KD, Analisis keterkaitan, pemetaan, anilisis KD, Penetapan IPK, Silabus, kalender pendidikan, prota, promes dan manajemen pendukung lainnya. Nah semoga lebih jelasnya dibawah ini pola lengkapnya untuk 1 materi pokok saja. Semoga bermanfaat.
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 20 Rambang Lubai
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Materi Pokok : Pecahan Senilai
Alokasi Waktu : 12 JP (4Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Selama dan sesudah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan penerima didik dibutuhkan sanggup
1. Mengenal pecahan senilai dengan memakai alat peraga untuk memperlihatkan dua pecahan itu senilai atau tak senilai.
2. Memahami persamaan dan perbedaan pecahan senilai dan pecahan tak senilai
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambardan model konkret | 3.1.1 Memahami pengertian pecahan senilai 3.1.2 Menganalisis persamaan pecahan senilai dan pecahan tidak senilai 3.1.3 Menganalisis perbedaan pecahan senilai dan pecahan tidak senilai 3.1.4 Memahami cara penyelesaian persoalan yang berkaitan dengan pecahan senilai |
4.1 Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
| 4.1.1 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan pecahan senilai 4.1.2 Menyajikan penyelesaian persoalan yang terkait dengan pecahan senilai dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama |
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Contoh-contoh pecahan senilai yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
2. Konsep
Pecahan senilai yaitu pecahan yang mempunyai nilai sama dengan pecahan lain
3. Prinsip
Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
4. Prosedur
a. Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan pecahan senilai
b. Menyajikan penyelesaian persoalan yang terkait dengan pecahan senilai dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama.
D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
F. Sumber Belajar
1. Buku Siswa MATEMATIKA Kelas IV
2. Buku Petunjuk Guru MATEMATIKAKelas IV
3. Modul/bahan ajar
4. Internet
5. Modul lain yang relevan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 35 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Religius) 2. Memeriksa kehadiran penerima didik. (PPK: Disiplin) 3. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,pada kelas III. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan tentang: a. Pengertian pecahan senilai b. Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai memakai alat peraga 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung. 4. Mengajukan pertanyaan. 5. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. 6. Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung. 7. Pembagian kelompok belajar 8. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi penerima didik kepada masalah | MENGAMATI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini. v Mengamati Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan: · Materi yang disampaikan guru · Contoh-contoh soal yang berkaitan v Membaca(Literasi) Materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai memakai alat peraga v Mendengar Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai memakai alat peraga v Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai : · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai memakai alat peraga untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan penerima didik | MENANYA (4C: CRITICAL THINKING) Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan wacana : · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai memakai alat peraga yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat.
| Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI) Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian v Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi) mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai memakai alat peraga v Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration) Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai memakai alat peraga v Aktivitas · Guru meminta siswa untuk memperlihatkan jawaban atau pendapatnya mengenai gambar yang disediakan oleh guru atau yang terdapat pada buku teks · Guru meminta peserta didik untuk membaca klarifikasi wacana pengertian pecahan senilai · Guru meminta siswa untuk mengamati kembali pola soal yang diperikan oleh guru atau yang terdapat pada buku teks · Siswa diminta untuk berbagi pola bentuk pecahan senilai dan tidak senilai memakai banyak sekali macam alat peraga v Mempraktikan v Mendiskusikan(4C: Collaboration) v Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration) Saling tukar informasi tentang : · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai memakai alat peraga dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan perilaku jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana : · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai memakai alat peraga v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai memakai alat peraga v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF) Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pinjaman pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai memakai alat peraga v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk mengembangkan perilaku jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan : · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai memakai alat peraga | | 75 menit |
Untuk mendapat file lengkapnya silahkan bapak dan ibu guru hubungi saya ke wa 085273216532. Atau bisa melihat pola lengkapnya dibawah ini
- download RPP MATEMATIKA k13 KELAS 4 pecahan senilai - COMOT FILE
- download rpp k13 kelas 4 pecahan - COMOT FILE
- download rpp matematika kelas 4 Taksiran Hasil Pengoperasian Dua Bilangan Pecahan revisi 2018- COMOT FILE
- download rpp k13 kelas 4 matematika faktor dan kelipatan semester ganjil revisi 2018 - COMOT FILE
- download rpp k13 kelas 4 matematika bilangan prima semester ganjil revisi 2018 - COMOT FILE
- download rpp k13 kelas 4 matematikaFPB dan KPK semester ganjil revisi 2018 - COMOT FILE
No comments:
Post a Comment