Assalamualaikum. Pada edisi kali ini akan admin publikasikan artikel ihwal Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia perminatan SMA/SMK kelas X. Selain RPP ada juga Silabus, Cover, Penetapan Indikator, Analisis keterkaitan KI dan KD, Analisis Standar Kompetensi lulusan, Pemetaan kompetensi dan format penilaian, KKM/ KBM, Analisis alokasi waktu, Analisis kompetensi. Pada buku kerja 2 disusun dokumen Lembar penilaian, Kode etik, Jurnal harian, Kalender pendidikan, Promes dan prota.
Pada RPP mata pelajaran Bahasa Indonesia Perminatan kelas 11 (Sebelas) kurikulum 2013 semester ganjil ada 4 (empat) materi pokok yaitu Tabel dan Grafik (pokok-pokok informasi dan simpulan isi), Biografi tokoh sastra dan tokoh bahasa, Kategori Kata Dalam Tata Bahasa Formal, dan juga Proses Morfologis. Adapun pada semester genap materi pokoknya yaitu Frasa, Jenis-Jenis Makna , Sastra Melayu Klasik dan terakhir yaitu Struktur puisi.
Sebagai pedoman bahwa RPP bahasa indonesia kurikulum 2013 (kurtilas) kelas 10 ini harus disusun menurut Permendikbud nomor 22 tahun 2016 yang telah sesuai format dengan pembelajaran masa 21 dalam artinya telah terinput acara pembelajaran Literasi, Penguatan pendidikan huruf (PPK), 4C dan hots.
Berikut kami bagikan Kompetensi inti (KI), Kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi RPP Bahasa Indonesia Perminatan kelas 10 edisi revisi 2018.
A. Kompetensi Inti - Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.1 Menafsirkan informasi dari suatu tabel dan atau grafik dengan membaca intensif | 3.1.1 Menjelaskan pengertian grafik dan tabel 3.1.2 Menganalisis jenis-jenis grafik 3.1.3 Mengidentifikasi pokok-pokok informasi table dan atau grafik |
4.1 Mengubah informasi dari bentuk tabel dan atau grafik kedalam bentuk uraian. | 4.1.1 Menentukan kesimpulan isi tabel atau grafik 4.1.2 Membuat uraian isi tabel dalam bentuk teks naratif |
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45 menit ) |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi)). v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran(PPK : Religious) v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra ihwal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan tentang: ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan ihwal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi penerima didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang mengalah (Karakter) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang mengalah (Karakter) lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan ª Pengertian Grafik Grafik yaitu citra pasang surutnya suatu keadaan atau data yang ada dengan garis atau gambar. Grafik dibedakan menjadi tiga macam, yaitu grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran. ª Jenis / Macam-macam Grafik Grafik Batang yaitu lukisan naik turunnya data berupa batang atau balok dan digunakan untuk menekan kan adanya perbedaan tingkatan atau nilai berupa aspek
Grafik Garis adalah lukisan naik turunnya data berupa garis yang di hubungkan dari titik-titik data secara berurutan. Grafik ini di gunakan untuk menggambarkan perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu.
Grafik Lingkaran adalah citra naik turunnya data berupa bulat untuk menggambarkan persentase dari nilai total atau seluruhnya. v Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung), (Literasi) materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik v Menyimak, Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang mengalah (Karakter) penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global ihwal materi pelajaran mengenai : ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan penerima didik | Menanya Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang mengalah (Karakter) Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan ihwal : ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis ihwal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : ª Apa manfaat grafik?! | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mencari informasi (Literasi) dan mempresentasikan (4C) dengan penuh tanggung jawab (Karakter) Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel ihwal ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik v Mengumpulkan informasi Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mencari informasi (Literasi) dan mempresentasikan (4C) dengan penuh tanggung jawab (Karakter) Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik v Aktivitas(Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),) ª Peserta didi diminta untuk mengamati Pengertian Grafik dan Jenis / Macam-macam Grafik pada acara mengamati ª Peserta didik diminta untuk bertanya pada ihwal grafik pada acara menanya v Mempraktikan v Mendiskusikan(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mendiskusikan penyelesaian masalah (Literasi) dengan cermat (Karakter)) v Saling tukar informasi tentang : ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal ihwal : ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis ihwal ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya ihwal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik | |
FILE LENGKAP HUBUNGI 085273216532
- DOWNLOAD Bahasa Indonesia Perminatan kelas X K13 SEMESTER GANJIL DOC- SIMPAN FILE
- DOWNLOAD RPP RPP Bahasa Indonesia Perminatan KELAS X K13 SEMESTER GENAP DOC- SIMPAN FILE
Terima kasih telah membaca postingan kami ihwal rpp kurikulum 2013 bahasa perminatan kelas 10 edisi revisi 2018. Jika pola belum sesuai impian kami mohon maaf. Admin akan berusaha mengupdate perangkat pembelajaran k13 terbaru sesuai dengan revisi dari kemendikbud. Terima kasih
No comments:
Post a Comment