Sunday, December 10, 2017

Ki Kd Smp Kurikulum 2013 Revisi 2017 Seni Budaya

Menjelang Pengisian rapor k13 sekolah menengah pertama (SMP) kami mencoba mengembangkan Kompetensi inti (KI) dan Kompetensi dasar mata pelajaran Seni budaya yang telah diubahsuaikan dengan revisi k13 tahun 2017.

Untuk mempermudah guru mata pelajaran, kami telah menyediakan file ki kd kelas 7 semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 dalam format pdf dan doc siap kopi paste di dalam aplikasi e-rapor k13 smp.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, Teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.

KOMPETENSI DASAR

A. SENI RUPA

3.1. memahami unsur, prinsip, teknik dan mekanisme menggambar flora, fauna dan alam benda dengan aneka macam bahan

3.2. memahami prinsip dan mekanisme menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

3.3. memahami mekanisme penerapan ragam hias pada materi buatan

3.4. memahami mekanisme penerapan ragam hias pada materi alam

B. SENI MUSIK

3.1. memahami konsep dasar bernyanyi satu bunyi secara berkelompok dalam bentuk unisono

3.2. memahami dasar bernyanyi dengan dua bunyi atau lebih secara berkelompok

3.3. memahami konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan

3.4. memahami konsep dasar ansamble musik

C. SENI TARI

3.1. memahami gerak tari menurut unsur ruang waktu dan tenaga

3.2. memahami gerak tari menurut ruang waktu dan tenaga sesuai iringan

3.3. memahami gerak tari sesuai dengan level dan contoh lantai

3.4. memahami gerak tari sesuai level, dan contoh lantai sesuai iringan

D. SENI TEATER

3.1. memahami konsep, teknik dan mekanisme dasar seni tugas untuk pementasan fragmen

3.2. memahami teknik menyusun naskah fragmen

3.3. memahami perancangan pementasan fragmen sesuai konsep, teknik dan prosedur

3.4. memahami pementasan fragmen sesuai konsep, teknik, dan prosedur

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 dan Kompetensi dasar mata pelajaran Seni budaya yang telah diubahsuaikan dengan revisi k Ki Kd Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 2017 Seni Budaya
KOMPETENSI DASAR

4.1. menggambar flora, fauna, dan alam benda

4.2. menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

4.3. menciptakan karya dengan aneka macam motif ragam hias pada materi buatan

4.4. menciptakan karya dengan aneka macam motif ragam hias pada materi alam

4.1. menyanyikan lagu dengan satu bunyi secara berkelompok dalam bentuk unisono

4.2. menyanyikan lagu dengan dua bunyi atau lebih dalam bentuk kelompok vokal

4.3. memainkan alat musik sederhana secara perorangan

4.4. memainkan ansamble musik sejenis dan campuran

4.1. memeragakan gerak tari menurut unsur ruang waktu dan tenaga

4.2. memeragakan gerak tari menurut ruang waktu dan tenaga sesuai iringan

4.3. memeragakan gerak tari sesuai dengan level dan contoh lantai

4.4. memeragakan gerak tari menurut level dan contoh lantai sesuai iringan

4.1. memeragakan adegan fragmen sesuai konsep, teknik dan mekanisme seni peran

4.2. menyusun naskah sesuai kaidah pementasan fragmen

4.3. merancang pementasan fragmen sesuai konsep, teknik dan prosedur

4.4. mementaskan fragmen sesuai konsep, teknik, dan prosedur

demikian ki kd k13 revisi 2017 smp seni budaya semester 1 tahun pelajaran 2017/2018.

No comments:

Post a Comment