Wednesday, June 27, 2018

Contoh Rpp K13 Kelas 6 Tema 1 Revisi 2018 Selamatkan Makhluk Hidup

Telah tersedia RPP kelas 6 tema 1 revisi 2018 - Memasuki Semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019, guru yang mengajar di sekolah pelaksana kurikulum 2013 kembali harus menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran beserta perangkat pembelajaran sebagai dokumen pendukung mengajar di kelas.

Bagi satuan pendidikan sekolah dasar (SD) yang telah menerapkan kurikulum kurikulum 2013 untuk kelas 6 (enam) maka sudah seharusnya mempunyai buku tematik revisi 2018 untuk pegangan guru dan siswa.

Mengenai harga buku k13 untuk kelas 6 yang terbaru sesuai tema yang resmi diumumkan kemdikbud, bisa bapak dan ibu pribadi download daftar harganya DI LINK INI.

Adapun pada postingan kali ini admin akan membagikan teladan rpp k13 kelas VI sd revisi terbaru semester ganjil dengan tema 1 (satu) yakni Selamatkan Makhluk Hidup dilengkap sub tema 1 hingga 4 beserta pembelajaran 1 hingga 6.


 Memasuki Semester ganjil tahun pelajaran  Contoh rpp k13 kelas 6 tema 1 Revisi 2018 Selamatkan Makhluk Hidup

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN 14 Rambang Dangku
Kelas / Semester          :     VI (Enam) / 1
Tema 1                            :     Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1                   :     Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran                :     1
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1Menyimpulkan info berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
3.1.1 Menemukan pandangan gres pokok dan info penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
2
4.1Menyajikan simpulan secara ekspresi dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yangdiperkuat oleh bukti.
4.1.1Mengembangkannya dengan memakai bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.


IPS
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
3.1.1 Menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya
2
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
4.1.1Menulis laporan wacana perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya

IPA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
3.1.1Mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya
2
4.1Menyajikan karya wacana perkembangangbiakan tumbuhan.
4.1.1 Melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan manfaatnya

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah membaca teks wacana perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan pandangan gres pokok dan info penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
2.    Setelah menemukan pandangan gres pokok dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan memakai bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.
3.    Setelah mengamati bunga, siswa bisa mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.
4.    Setelah berdiskusi, siswa bisa melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan keuntungannya dengan benar.
5.    Setelah membaca teks wacana ASEAN dan kehidupan sosial budayanya, siswa bisa menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.
6.    Setelah berdiskusi, siswa bisa menulis laporan wacana perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.




v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan menyelidiki kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk diubahsuaikan dengan acara pembelajaran.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelamatkan Makhluk Hidup”. Nasionalis
¡   Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
10 menit
Inti
§   Guru membawa salah satu jenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai materi makanan. Misalnya : singkong, ubi jalar, padi, atau yang lainnya.
§   Guru mengajukan pertanyaan, misalnya:
·      Apa yang kalian ketahui wacana tumbuhan ini?
·      Apa keuntungannya dalam kehidupanmu?
·      Apa yang ingin kalian ketahui tentang tumbuhan sebagai sumber makanan?’
§   Guru kemudian menuliskan balasan siswa di papan tulis dan memberikan bahwa mereka akan mencar ilmu wacana tumbuhan dan manusia. Communication
§   Guru mengajak siswa ke luar kelas untuk mengamati lingkungan dan mendiskusikan tumbuhan sebagai sahabat manusia. Siswa dapat memberikan manfaat tumbuhan atau interaksi mereka dengan tumbuhan. Creativity and Innovation
§   Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
§   Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah, menjawabnya, dan mendiskusikan jawabannya. Collaboration
§   Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
Guru melaksanakan evaluasi terhadap satu kelompok dikala mereka berdiskusi. Saat menilai, guru memakai rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini sanggup dinilai dikala mereka melaksanakan diskusi di kesempatan lain. Rubrik sanggup dilihat di halaman penilaian. Collaboration
§   Guru mengajak satu atau dua siswa untuk memberikan hasil diskusinya, kemudian memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru sanggup memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memperlihatkan komentar dari balasan yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru sanggup menguatkan jawaban-jawaban yang ada. Creativity and Innovation
Jawaban yang diharapkan ialah sebagai berikut.
1.    Hewan dan insan memperoleh manfaat dari tumbuhan.
2.    Manfaat tumbuhan bagi manusia, antara lain:
·         Sumber energi bagi manusia.
·         Sumber vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.
·         Sumber oksigen untuk bernapas.
·         Pengikat air tanah.
·         Peneduh dan memperindah kehidupan di bumi.
3.    Manfaat tumbuhan bagi hewan, yaitu sebagai sumber energi bagi hewan.
4.    Tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan insan dan hewan. Tumbuhan ialah produsen penghasil cadangan masakan dan sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari sengatan sinar matahari.
5.    Beberapa hal yang akan terjadi kalau tidak ada tumbuhan adalah manusia dan binatang tidak mempunyai sumber masakan dan bumi akan gersang sehingga kehidupan akan berakhir.
§   Siswa melanjutkan acara dengan membaca teks wacana tanaman jagung dalam hati. Mandiri

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?
Jagung merupakan salah satu
tanaman yang dijadikan bahan
makanan pokok di berbagai
tempat, juga di Indonesia.
Contohnya, penduduk Pulau
Madura mengakibatkan jagung sebagai
makanan pokoknya. Jagung
merupakan salah satu tanaman
penghasil karbohidrat yang sangat diharapkan oleh tubuh.
Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga hingga empat hari bakal tumbuhan akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung sanggup dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk menyerupai tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.
Bunga jagung mempunyai helai-helai rambut halus pada potongan ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari
yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di potongan bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.
Bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang sanggup diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan potongan tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh insan ialah biji jagung.
Petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil biar jagung selalu tersedia sebagai materi masakan manusia.
panen. Biji jagung yang renta sanggup ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.
Oleh: Nuniek
§   Setiap siswa mengisi diagram berdasarkan bacaan.

§   Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan sobat kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian membuatkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku. Collaboration
§   Guru memberikan daftar periksa evaluasi kepada siswa. Communication
Diagram Venn dinilai dengan memakai daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.
§   Siswa mengamati gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.
§   Siswa mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
§   Siswa mengamati bagian–bagian bunga tepat berikut.

§   Siswa mencari info dari banyak sekali sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
1.    Perkembangbiakan generatif (secara kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
2.    Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
3.    Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
4.    Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).
5.    Hasil dari pembuahan ialah zigot.
6.    Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji bermetamorfosis biji dan bakal buah, kemudian bakal buah bermetamorfosis daging buah.
7.    Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
§   Siswa mendiskusikan jadinya dengan kelompoknya. Collaboration
§   Siswa mencari bunga di lingkungan sekolah dan mengamati bagian-bagiannya. Siswa kemudian menggambar bagian-bagian bunga tersebut.
§   Siswa membandingkan hasil gambarnya dengan gambar sobat yang lain.
§   untuk mencari persamaan dan perbedaannya. Jika terdapat perbedaan, siswa diminta menjelaskan perbedaan tersebut.
§   Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru. Critical Thinking and Problem Solving
§   Guru mensosialisasikan daftar periksa kepada siswa.
Diagram Venn dinilai dengan memakai daftar periksa yang terdapat di halaman belakang.
§   Setelah siswa membaca teks wacana bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar. Kemudian siswa membaca fakta wacana ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
§   Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk memberikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk memberikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN. Collaboration
§   Guru memperlihatkan penguatan wacana kehidupan sosial budaya Negara ASEAN.
§   Guru meminta siswa menentukan dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru memberikan bahwa sehabis mereka mencar ilmu wacana negara ASEAN, semua siswa harus menulis info wacana kedua negara tersebut secara lengkap. Mereka akan mencari info secara bertahap. Creativity and Innovation
§   Pada pertemuan ini siswa hanya membandingkan kehidupan social budaya dari dua negara. Mereka sanggup memasukkan info wacana bunga di dalam diagram Venn (nama bunga, nama sebutan bunga, kapan dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll).

Diagram Venn dinilai dengan memakai daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.
§   Siswa melaksanakan refleks  dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
§   Guru sanggup menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan evaluasi hasil belajar
¡   Menyanyikan lagu tempat “Ampar-Ampar Pisang”
¡   Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius
15 menit




E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Tumbuhan.



Mengetahui
Kepala Sekolah




____________________________
NIP. _________________________
…………, ………….2018
Guru Kelas VI




____________________________
NIP. _________________________

Bagi bapak dan ibu yang membutuhkan file lengkapnya silahkan hubungi FB saya di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". atau wa ke 085273216532

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 6 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 6 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 6 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 6 TEMA 1 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP

Kabar gembira, file rpp k13 kelas 6 tema 1 revisi 2018 telah tersedia, pantau terus blog ini untuk mengikuti update terbaru file perangkat pembelajaran dari kami

No comments:

Post a Comment