Update 2018! Admin bagikan rpp matematika kurikulum 2013 kelas 4 revisi 2017 terbaru lengkap untuk semester genap dengan semua materi pokok
RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran) Matematika Kelas 4 K13 2017 semester 2 bagi para guru-guru tak gampang merancang RPP Matematika.Bahkan meskipun guru sudah menciptakan RPP terkait proses pembelajaran berlangsung, namun akan berbeda ketika Anda terjun langsung. Kok bisa? Kembali lagi pada gurunya.
Mengapa? Karena Guru harus pahami dulu bagaimana karakteristik akseptor didiknya. Biasanya dalam tingkat murid-murid SD intinya mereka cepat mengingat dalam pelajaran matematika ini. Nah, bagaimana Revisi RPP Matematika kelas 4 K13 murid-murid lebih memahami ketika proses pembelajaran berlangsung?
Hal penting yang guru mata pelajaran matematika lakukan revisi, yaitu:
MEDIA Pembelajaran matematika
Jujur saja, jarang sekali guru-guru mempersiapkan media ketika proses pembelajaran berlangsung. Mengapa Media? Tak bisa kita pungkiri murid-murid SD yang lebih menyukai bermain dibanding belajar. Lalu media yang bagaimana Anda akan buat? Tenang saja, Media tak harus di tuntut menggunakan LCD kok, alasannya memaklumi masih banyak sekolah yang kurang sarana-prasarana. Dalam hal ini, contohnya murid-murid berguru wacana berdiri ruang ( bab pembelajaran semester genap) Nah, media yang bisa Anda pakai ialah menciptakan balok, atau kubus. Anda bisa print gambar terkait perbedaan baik itu balok, atau kubus dan sifat-sifatnya dan menjelaskannya pada murid-murid dan baiknya pula menggunakan metode role playing (bermain peran) sambil menggunakan tongkat dilakukan bernyanyi, sesudah nyanyian berhenti maka tongkatpun akan berhenti. Nah, di sini Anda bisa menyuruh pada murid untuk membedakan kubus dan balok serta sifat-sifatnya.
Berikut pola format rpp matematika semester genap kelas 4 revisi 2017 bisa bapak ibu guru sd jadikan sebagai rujukan terbaru. Semoga bermanfaat
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
Siswa mampu: 3.11 Menjelaskan data diri akseptor didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang 4.11 Mengumpulkan data diri akseptor didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang | · Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang · Membuat diagram batang dari sekumpulan data yang berbeda dari data sebelumnya · Menggunakan konsep diagram batang untuk menuntaskan dilema dalam kehidupan sehari-hari · Menyajikan penyelesaian dilema yang berkaitan dengan data dan pengukuran |
Pengumpulan data
- Penelitian
- Wawancara
- Polling/angket
- Penghitungan langsung
Penyajian data
Pengolahan data
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | | |
| Guru Orientasi · Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa. · Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa ialah siswa yang hari itu tiba paling awal ( Menghargai kedisiplinan siswa ) · Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap ketika dan keuntungannya bagi tercapainya cita – cita. · Menyanyikan salah satu Lagu Wajib/Lagu Nasional. Guru memperlihatkan penguatan wacana pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme. · Siswa diminta untuk mengusut kerapian diri dan kebersihan kelas · Siswa memperhatikan klarifikasi guru wacana tujuan, manfaat dan acara pembelajaran yang akan dilakukan. · Siswa menyimak klarifikasi guru wacana pentingnya sikap disiplin, kerjasama, danmandiri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. Aperpepsi · Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya. · Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. · Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan Motivasi · Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari · Apabila materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi sesuai tema · Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung · Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan · Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. · Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung · Pembagian kelompok belajar · Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran | 30 menit |
Kegiatan Inti | Materi : Data dan pengukuran | |
Sintak Model Pembelajaran Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI · Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan wacana kisah masa kecil salah satu tokoh dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina, Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh dll). · Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut: - apa yang tergambar pada sampul buku? - apa judulbuku? - kira-kira buku ini menceritakan apa? - pernahkah kau membaca judul menyerupai itu? - apa saja yang kau ingin ketahui dari buku ini? · Guru membacakan dongeng pada buku dan memperlihatkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama. · Setelah guru membacakan buku, siswa diminta menuliskan kesimpulan / ringkasan dongeng pada selembar kertas berwarna. · Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan salah satu lagu anak-anak. · Berikan penguatan bahwa cita – cita, apapun itu harus di capai dengan kerja keras. · Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi : Data dan pengukurandengan cara : Ø Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan Ø Mengamati Lembar kerja materi : Data dan pengukuran pemberian contoh-contoh materi : Data dan pengukuranuntuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb Ø Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan : Data dan pengukuran Ø Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait : Data dan pengukuran Ø Mendengar Pemberian materi : Data dan pengukuranoleh guru Ø Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi : : Data dan pengukuran · Siswa diajak untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi · Siswa mempertunjukkan hasil kerja kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi dari kawasan di Indonesia. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya semoga menghasilkan harmoni yang indah · Siswa dan guru merayakan kegiatan pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain peran | 165 menit |
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan pertanyaan wacana materi : : Data dan pengukuran yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat | |
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati obyek/kejadian · Mengamati dengan seksama materi sub : Data dan pengukuranyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya Membaca sumber lain selain buku teks · Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi : Data dan pengukuranyang sedang dipelajari Aktivitas · menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi : Data dan pengukuranyang sedang dipelajari Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber · mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi : Data dan pengukuranyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan · Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi : Data dan pengukuran Mengumpulkan informasi · Mencatat semua informasi wacana materi : Data dan pengukuranyang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Mempresentasikan ulang · Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri sub tema : Data dan pengukuransesuai dengan pemahamannya Saling tukar informasi tentang materi: · : Data dan pengukuran dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat | |
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi wacana data dari Materi : : Data dan pengukuran mengolah informasi dari materi : Data dan pengukuranyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi : Data dan pengukuran | |
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan wacana materi : : Data dan pengukuran antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan hasil diskusi wacana materi : Data dan pengukuranberupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi : : Data dan pengukuran Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi : Data dan pengukurandan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan Bertanya atas presentasi wacana materi :Data dan pengukuranyang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. CREATIVITY (KREATIVITAS) Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi : : Data dan pengukuran Menjawab pertanyaan wacana materi : Data dan pengukuranyang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi : Data dan pengukuranyang akan selesai dipelajari Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi : Data dan pengukuranyang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||
Penutup | · Siswa bersama guru melaksanakan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ; Ø Apa saja yang telah dipahami siswa? Ø Apa yang belum dipahami siswa? Ø Bagaimana perasaan selama pembelajaran? Materi wacana sub tema: yang gres dilakukan · Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran. · Siswa menyimak klarifikasi guru wacana acara pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk memberikan kegiatan bersama orangtua · Siswa menyimak dongeng motivasi wacana pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur · Siswa menyanyikan lagu gembira · Siswa melaksanakan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. · Mengingatkan siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan ruang berguru tetap higienis dan mencuci tangan dengan sabun · Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. | 15 Menit |
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
BS | JJ | TJ | DS | |||||
1 | … | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C |
2 | … | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 | | 250 | 62,50 | C |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapat kesempatan untuk berbicara. | | 50 | |||
3 | Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 | | |||
4 | ... | 100 | |
Untuk mendapat password rar file format lengkap rpp matematika kelas 4 dibawah ini silahkan kunjungi fb saya di alamat berikut: https://web.facebook.com/perangkatguru
No comments:
Post a Comment