Memasuki tahun anutan semester genap di 2018 ini, menyebabkan para guru dan siswa harus mempersiapkan banyak hal untuk kenaikan kelas juga kelulusan. Jika Anda yaitu guru, tentu Anda haruslah merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran alias RPP bukan? Sama halnya dengan kurikulum yang seringkali berganti seiring perkembangan zaman, begitu pula RPP yang berkali-kali mengalami revisi.
Pada artikel kali ini, penulis akan membahas wacana RPP mata pelajaran PKN di kurikulum 2013 khususnya untuk siswa kelas 7 SMP. Perlu kita ketahui bahwa RPP ini telah mengalami perubahan menjadi edisi revisi 2017. Dikutip dari rpp-kurikulum2013.com , berikut ini yaitu ciri-ciri yang wajib Anda ketahui mengenai ketentuan pembuatan RPP edisi revisi 2017;
- KI-KD harus menurut Permendikbud 24/2016
- Pemetaan KD harus menurut silabus dan buku guru revisi 2017
- Format RPP harus menurut Permendikbud 22/2016
- RPP harus terintegrasi PPL, Literasi 4C dan HOTS
- Format evaluasi harus menurut Permendikbud 23/2016
Beberapa hal fundamental lainnya yang harus dipersiapkan yaitu pembuatan silabus, perancangan Kompetensi Dasar dan tujuan yang akan didapat siswa sehabis mempelajari materi sesuai silabus tersebut. Tak lupa, di kurikulum 2013 ini siswa tetap ditekankan untuk memakai Power Point sebagai media pembelajaran utama. Dalam PKN ini siswa akan mempelajari diantaranya mengenai Hak Asasi Manusia (HAM), Pancasila dan Kebebasan mengemukakan pendapat. Selain teori, yang dihentikan Anda lupakan yaitu menyisipkan acara praktik di setiap materi dan hal tersebut haruslah masuk ke dalam RPP yang Anda rencanakan
Jelasnya berikut kami bagikan teladan format rpp pkn k13 reviisi 2017 terbaru dengan semua materi pokok.
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Kompetensi Dasar | Indikator |
1.5 Mensyukuri makna ker ja sama dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat. | 1.5.1 Bersyukur kepada Tuhan atas karunia persatuan dan kerjasama yang dilakukan bangsa Indonesia. 1.5.2 Ber pendapat secara jujur wacana arti pentingnya ker ja sama dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat. |
2.5 Mendukung bentuk-bentuk kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat. | 2.5.1 Menghargai pendapat wacana ar ti pentingnya kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat. 2.5.2 Bersemangat dalam mendorong kerjasama dilingkungan sekolah. |
3.5 Menganalisis bentuk-bentuk kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat. | 3.5.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam banyak sekali bidang kehidupan. 3.5.2 Memahami pentingnya ker jasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 3.5.3 Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik. 3.5.4 Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan Negara. 3.5.5 Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat beragama. |
4.5 Menunjukkan bentuk-bentuk kolaborasi di pelbagai bidang kehidupan masyarakat | 4.5.1 Berperilaku tanggung jawab dalam bekerjasama di banyak sekali bidang kehidupan masyarakat. 4.5.2 Meneladani sikap kerjasama yang didapatkan dalam lingkungan ke- hidupan. 4.5.3 Mempresentasikan bentuk-bentuk kerjasama yang sanggup dilakukan siswa. |
1. | Pertemuan Ke-1 (3 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
● | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
● | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin | ||
● | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
● | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
● | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
● | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
● | Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
● | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi : | ||
| Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
| |||
● | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
● | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. | ||
● | Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Pembagian kelompok belajar | ||
● | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 90 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat dengan cara : | |||
→ | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
→ | Mengamati | ||
● | Lembar kerja materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
● | Pemberian contoh-contoh materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb | ||
→ | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
→ | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
→ | Mendengar | ||
| Pemberian materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat oleh guru. | ||
→ | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
| | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya : | |||
→ | Mengajukan pertanyaan wacana materi : | ||
| Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
| | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
→ | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
→ | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali tumpuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat yang sedang dipelajari. | ||
→ | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat yang sedang dipelajari. | ||
→ | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
→ | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara bantu-membantu membahas teladan dalam buku paket mengenai materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
→ | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi wacana materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
→ | Mempresentasikan ulang | ||
| Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat sesuai dengan pemahamannya. | ||
→ | Saling tukar informasi tentang materi : | ||
| Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
| | ||
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : | |||
→ | Berdiskusi wacana data dari Materi : | ||
| Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
| | ||
→ | Mengolah informasi dari materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan dukungan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
→ | Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : | |||
→ | Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan wacana materi : | ||
| Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
| | ||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bantu-membantu membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
→ | Menyampaikan hasil diskusi wacana materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
→ | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi : | ||
| Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
| | ||
→ | Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
→ | Bertanya atas presentasi wacana materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. | ||
| | ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
→ | Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa : | ||
| Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi : | ||
| Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
| | ||
→ | Menjawab pertanyaan wacana materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
→ | Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat yang akan selesai dipelajari | ||
→ | Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : | |||
● | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran wacana materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat yang gres dilakukan. | ||
● | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat yang gres diselesaikan. | ||
● | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
Guru : | |||
● | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai pribadi diperiksa untuk materi pelajaran Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat | ||
● | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah | ||
● | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. |
No | Nama Peserta Didik | Aspek Penilaian* | ||||
Mensyukuri Pancasila | Menghargai Jasa Pahlawan | Peduli | Tanggung Jawab | Kerjasama | ||
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
No | Nama Peserta Didik | Jawaban Peserta Didik | |||
Menjawab Saja | Mendefinisikan | Mendefinisikan dan Sedikit Uraian | Mendefinisikan dan Penjelasan Logis | ||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
No | Nama Peserta Dididk | Kemampuan Bertanya | Kemampuan Menjawab/ Berargumentasi | Memberi Masukan/ Saran | Mengapresiasi | ||||||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | ||
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
No. | Aspek | Penskoran |
1 | Kemampuan Bertanya | Skor 4 apabila selalu bertanya. Skor 3 apabila sering bertanya. Skor 2 apabila adakala bertanya. Skor 1 apabila tidak pernah bertanya |
2 | Kemampuan Menjawab/ Argumentasi | Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas. Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas. Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas. Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas. |
3 | Kemampuan Memberi Masukan | Skor 4 apabila selalu memberi masukan. Skor 3 apabila sering memberi masukan. Skor 2 apabila adakala memberi masukan. Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan. |
4 | Mengapresiasi | Skor 4 apabila selalu menawarkan pujian. Skor 3 apabila sering menawarkan pujian. Skor 2 apabila adakala memberi pujian. Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian. |
Untuk mendapat password rar file format lengkap rpp pkn kelas 7 dibawah ini silahkan kunjungi fb saya di alamat berikut: https://web.facebook.com/perangkatguru
No comments:
Post a Comment