Thursday, March 1, 2018

Rpp K13 Kelas 8 Bahasa Inggris Semester 2 & 1 Revisi 2017 Terbaru

Materi pokok atau kompetensi dasar bahasa inggris kelas 8 semester genap revisi 2017 banyak dicari oleh guru Sekolah Menengah Pertama untuk dipakai sebagai rujukan penting dalam menciptakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Perangkat pembelajaran bahasa inggris kelas 8 semester 2 merupakan dokumen penting yang akan dipakai sebagai contoh mengajar dikelas. Bagi guru yang mengajar pada satuan pendidikan pelaksana kurikulum 2013, harus memunculkan acara pembelajaran periode 21 yakni yang memuat Literasi, PPK, 4C dan hots.

Sebagai rujukan dalam menciptakan rpp terbaru mata pelajaran bahasa inggris kelas VIII, maka dibawah ini ialah contoh rpp terbaru dilengkapi dengan semua bahan pokok k13 revisi 2017.


Kompetensi Dasar
Indikator
3.9    Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional verbal dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan degree of comparison)
·    Membadingkan jumlah dan sifat orang, benda, binatang, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·    Menjawab pertanyaan dengan memakai informasi yang terdapat dalam teks, secara lisan.
·    Mendeskripsikan perbandingan jumlah dan sifat orang, benda, hewan yang tampak dalam dua gambar yang berbeda
·    Mengajukan pertanyaan dan tanggapan terkait perbandingan orang, benda, hewan yang mereka ketahui di rumah, sekolah dan sekitarnya
4.9    Menyusun teks interaksi transaksional verbal dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
·    Membuat beberapa teks pendek dan sederhana membandingkan orang, benda, hewan yang mereka ketahui
·    Mengajukan pertanyaan dan tanggapan ihwal teks masing-masing dengan teman-temannya
C. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, akseptor didik diperlukan dapat:

  • Membandingkan jumlah dan sifat orang, benda, binatang, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
  • Menjawab pertanyaan dengan memakai informasi yang terdapat dalam teks, secara lisan.
  • Mendeskripsikan perbandingan jumlah dan sifat orang, benda, hewan yang tampak dalam dua gambar yang berbeda
  • Mengajukan pertanyaan dan tanggapan terkait perbandingan orang, benda, hewan yang mereka ketahui di rumah, sekolah dan sekitarnya
  • Membuat beberapa teks pendek dan sederhana membandingkan orang, benda, hewan yang mereka ketahui
  • Mengajukan pertanyaan dan tanggapan ihwal teks masing-masing dengan teman-temannya
D. Materi Pembelajaran
  • Fungsi sosial Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji, mengkritik, mengagumi.
  • Struktur teks
    - Memulai
    - Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
  • Unsur kebahasaan - Kalimat perbandingan positif, komparatif dan superlatif dengan: as ... as, -er, -est, more ..., the most ...
    - Perbandingan jumlah: more, fewer, less
    - Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
    - Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan goresan pena tangan
  • Topik Perbandingan orang, benda, hewan di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya yang sanggup menumbuhkan sikap yang termuat di KI
E. Metode Pembelajaran 1) Pendekatan : Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F. Media Pembelajaran

1. Media

 Worksheet atau lembar kerja (siswa)
 Lembar penilaian
2. Alat/Bahan
 Penggaris, spidol, papan tulis
 Laptop & infocus

G. Sumber Belajar

 Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris When English Rings The Bell, Kelas VIII, Kemendikbud, Revisi Tahun 2017
 Kamus Bahasa Inggris
 Pengalaman akseptor didik dan guru
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Materi pokok atau kompetensi dasar bahasa inggris kelas  rpp k13 kelas 8 Bahasa Inggris Semester 2 & 1 Revisi 2017 Terbaru

Untuk password RAR file rpp bahasa inggris kelas 8 semester 2 silahkan hubungi saya melalui sajian facebook di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru".

  • rpp k13 kelas 8 semester genap Teks Interaksi Transaksional; Memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung ketika diucapkan - COMOT RPP

  • rpp k13 kelas 8 semester genap Teks Interaksi Transaksional; Memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, hewan dan benda - COMOT RPP

  • rpp k13 kelas 8 semester genap Teks Interaksi Transaksional; Memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ bencana yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau - COMOT RPP

  • rpp k13 kelas 8 semester genap Teks Personal Recount; Memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau - COMOT RPP

  • rpp k13 kelas 8 semester genap Pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice) terkait acara sekolah - COMOT RPP

  • rpp k13 kelas 8 semester genap Lirik lagu terkait kehidupan dewasa SMP/MTs - COMOT RPP

Untuk password RAR file rpp bahasa inggris kelas 8 semester 2 silahkan hubungi saya melalui sajian facebook di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru".

No comments:

Post a Comment