Update! Sahabat Zagim, apa kabar? rpp kurikulum 2013 smp bahasa indonesia yang kami bagikan ini ialah yang paling gres alasannya ialah sudah sesuai dengan pedoman penyusunan rpp k13 revisi 2017 (PELAJARI DISINI).
Di Google memang banyak blog-blog yang telah membuatkan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) k13 Sekolah Menengah Pertama kelas 7 bahasa indonesia revisi 2017, tapi tidak semuanya membagikan RPP yang benar atau sesuai pedoman kemdikbud. Oleh alasannya ialah itu guru harus teliti dalam membaca setiap gosip yang dibagikan dari internet.
Kunci utama biar para guru tidak tertipu dengan RPP kurikulum 2013 edisi revisi 2017 ialah dengan mengetahui perbedaanya dengan rpp k13 revisi 2016. Caranya bagaimana? tentu saja kami tegaskan sekali lagi harus membaca serta mempelajari "pedoman penyusunan rpp k13 revisi 2017".
Sebagaimana judul Postingan ini, bahwa RPP SMP/Mts kurikulum 2013 revisi 2017 yang benar sudah terintegrasi PPK, Literasi, hots & 4C. keempat poin tersebut harus ada di dalam acara inti pembelajaran pada rpp dan penutup.
Adapun bahan pokok pola rpp kelas 7 Bahasa Indonesia revisi 2017 yang kami bagikan ialah perihal Teks Surat Pribadi dan Surat Dinas. Saya ucapkan terima kasih kepada bapak MUh zuhri pemilik blog https://zuhriindonesia.blogspot.co.id yan telah membagikan RPP ini secara gratis.
CONTOH RPP Bahasa Indonesia kelas 7 k13 revisi 2017 perihal Teks Surat Pribadi dan Surat Dinas
Agar lebih terperinci bagaimana rpp revisi bahasa indonesia k13 kelas 7 perihal Teks Surat Pribadi dan Surat Dinas yang telah dimasukkan 4 poin acara pembelajaran kreatif yakni PPK, Literasi, hots & 4C, berikut kami bagikan ringkasannya.
Sekolah : Sekolah Menengah Pertama N 3 Rambang Dangku
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Teks Surat Pribadi dan Surat Dinas
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 x Tatap Muka )
1. Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan insiden tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abnormal sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi Dasar | Indikator | ||
3.11 | Mengidentifikasi gosip (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar | 3.11.1 3.11.2 3.11.3 3.11.4 | Menentukan gosip dalam surat pribadi Menentukan gosip dalam surat dinas Menjelaskan ciri-ciri isi surat pribadi Menjelaskan ciri-ciri isi surat dinas |
4.11 | Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan | 4.11.1 4.11.2 4.11.3 4.11.4 | Menjawab pertanyaan perihal isi surat pribadi Menjawab pertanyaan perihal si surat dinas Menyimpulkan isi surat pribadi Menyimpulkan isi surat dinas |
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran perihal surat pribadi dan surat dinas, siswa diperlukan dapat:
1. memilih gosip dalam surat pribadi secara benar .
2. memilih gosip surat dinas secara benar.
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas, siswa diperlukan dapat:
1. menjelaskan ciri-ciri isi surat pribadi secara benar.
2. menjelaskan ciri-ciri isi surat dinas secara benar.
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas dengan, siswa diperlukan dapat:
1. menjawab pertanyaan perihal isi surat pribadi dengan benar.
2. menjawab pertanyaan perihal isi surat dinas dengan benar.
Pertemuan KeempatSetelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas, siswa diperlukan dapat:
1. menyimpulkan isi surat pribadi secara benar.
2. menyimpulkan isi surat dinas secara benar.
- Pengertian surat
- Tujuan komunikasi surat
- Bagian surat pribadi
- . Bagian surat dinas
- . Struktur kebahasaan surat dinas
- Saintifik
F. MEDIA/ALAT, BAHAN
1. Media::
- LCD proyektor
2. Bahan :
a. Film “Surat Kecil untukTuhan” bab 1.
b. Teks surat pribadi
c. Teks surat dinas
G. SUMBER BELAJAR
Harsiati,.Titik dkk.2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud, Hlm, 243-253.
Harsiati,.Titik dkk. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud. Hlm, 117-121.
Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi 4. Badan Jakarta: Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. .
Wahyudi, Johan. 2011. Terampil Menulis Surat. Solo: Tiga Serangkai.
Pada tabel acara pembelajaran ini silahkan bapak dan ibu perhatikan 4 (empat) point penting rpp revisi k13 kelas 7 bahasa indonesia
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka acara pembelajaran dengan berdoa. - Guru menanyakan absensi siswa. - Guru memberikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah acara yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Guru menayangkan judul “Surat Kecil untuk Tuhan”. - Siswa menuliskan prediksi isi film berdasarkan judul tersebut. - Guru menayangkan potongan film “Surat Kecil untuk Tuhan”. - Siswa mengidentifikasi isi bagian film yang ditayangkan. (literasi media) - Siswa mengidentifikasi aksara yang sanggup diteladani dari potongan film yang ditayangkan. (PPK) - Siswa menyimpulkan isi bab film yang ditayangkan. (literasi media). - Guru menanyakan keterkaitan tayangan film dengan bahan yang akan diajarkan. - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang. - Siswa dalam kelompok mengamati teks surat pribadi dan teks surat dinas. - Dengan dipandu guru, siswa menciptakan pertanyaan secara berkelompok mengenai gosip dalam surat pribadi dan surat dinas. (4 C) - Masing-masing kelompok mencari gosip dari banyak sekali sumber gosip atau berdiskusi dengan anggota kelompoknya perihal surat pribadi dan surat dinas. (4C) - Siswa menuliskan gosip yang diperoleh dari teks surat pribadi dan surat dinas. - Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C) - Siswa lain diberi kesempatan untukmenyampaikan tanggapan. (4C) | 60’ |
Penutup | - Guru memberi penguatan terkait dengan bahan yang telah dipelajari. - Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa mendapatkan kiprah dari guru untuk menemukan gosip dari surat pribadi dan surat dinas. (HOTS) - Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung. - Guru beserta siswa mengakhiri acara berguru mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. (PPK) | 10’ |
Bagaimana sangat terperinci kan perbedaan rpp k13 revisi 2017 dengan revisi 2016? Jika bapak dan ibu ingin pola lengkapnya siap edit silahkan eksklusif download dalam format word melalui tautan yang kami sematkan dibawah
- rpp bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 Doc - SIMPAN RPP FORMAT DOC
- rpp bahasa indonesia kelas 7 k13 revisi 2017 bahan pokok TEKS PROSEDUR - SIMPAN RPP FORMAT DOC
- rpp bahasa indonesia kelas 7 k13 revisi 2017 bahan pokok Teks Puisi Rakyat - SIMPAN RPP FORMAT DOC
Itu saja share rpp bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 yang sanggup kami bagikan. Untuk silabus serta rpp kelas 8 dan 9 akan kami bagikan dipostingan berikutnya. Semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment