download panduan penyusunan rpp kurikulum 2013 revisi 2017 pdf - (Pelajari Disini)
Assalamualaikum sahabat Zagim. Saya doakan semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat serta senantiasa semangat dalam mengajar di sekolah.
Pada edisi postingan kali ini, admin akan update info perihal cara/panduan menyusun rpp k13 revisi 2017 untuk SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan sebagai persiapan menciptakan perangkat pembelajaran tahun pelajaran 2018/2019 mendatang.
Selain perancangan rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabus, admin juga akan membagikan format rpp k13 revisi 2017 yang telah terintegrasi dengan literasi, ppk, hots dan 4c sehingga para guru tahu perbedaannya dengan rpp edisi revisi 2016.
Berikut ini panduan penyusunan rpp kurikulum 2013 edisi terbaru revisi tahun pelajaran 2017/2018 format pdf.
A. Tujuan
Bagi guru yang telah mengikuti sesi bimtek panduan penyusunan rpp k13 revisi 2017, maka dapat:
- menjelaskan landasan aturan penyusunan RPP,
- menjelaskan pengertian RPP,
- menjelaskan prinsip penyusunan RPP,
- menjelaskan komponen dan format RPP,
- menuliskan isi setiap komponen dalam format RPP, dan
- menyusun RPP untuk serangkaian KD menurut Kurikulum 2013.
1. Pengertian
RPP yaitu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran akseptor didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).Rujukan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 perihal Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik.
Pengembangan RPP dilakukan sebelum semester atau tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan. Pengembangan RPP sanggup dilakukan oleh guru secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepalasekolah/ madrasah.Pengembangan RPP sanggup juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.
2. Prinsip Penyusunan RPP
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a. Perbedaan individual akseptor didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan akseptor didik.
b. Partisipasi aktif akseptor didik.
c. Berpusat pada akseptor didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk berbagi kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan.
e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan kegiatan sumbangan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedial.
f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
3. Komponen RPPPermendikbud Nomor 22 Tahun 2016 perihal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen RPP adalah:
- identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
- identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
- kelas/semester,
- bahan pokok,
- alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai,
- tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
- kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
- bahan pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
- metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran biar akseptor didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai,
- media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran,
- sumber belajar, sanggup berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan,
- langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
- evaluasi hasil pembelajaran
Mempertimbangkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 perihal Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 perihal Pembelajaran padaPendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, komponen RPP di atas secara operasional sanggup diwujudkan dalam pola format RPP berikut ini.
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Materi Pembelajaran
- E. Metode Pembelajaran
- F. Media dan Bahan
- G. Sumber Belajar
- H. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Penutup
2. Pertemuan kedua …. Dst…
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap spiritual
b. Sikap sosial
c. Pengetahuan
d. Keterampilan
2. Instrumen Penilaian
Di bawah ini yaitu petunjuk cara menulis RPP k13 revisi 2017 menurut pola format dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 perihal Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 perihal Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dna juga pola lengkapnya.
Sekolah : SMPN 3 Rambang Dangku
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Teks Berita
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 pertemuan)
1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, danbudaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan insiden tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah ajaib sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | ||
3.1 | Mengidentifikasi unsur-unsur teks gosip (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca | 3.1.1 3.1.2 | Menjelaskan pengertian usur-unsur berita Menemukan unsur-unsur dalam teks berita |
4.1 | Menyimpulkan isi gosip (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar | 4.1.1 4.1.2 4.1.3 | Menjawab pertanyaan perihal isi berita Menyimpulkan isi teks berita Menanggapi isi teks berita |
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran perihal teks berita, siswa dibutuhkan dapat:
1. menjelaskan pengertian unsur-unsur berita
2. menemukan unsur-unsur gosip dalam teks gosip secara benar .
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran teks berita, siswa dibutuhkan dapat:
1. menjawab pertanyaan perihal isi teks gosip secara benar.
2. menyimpulkan unsur-unsur gosip secara benar.
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran teks berita, siswa dibutuhkan sanggup menanggapi isi teks gosip dengan benar
- Pengertian teks gosip
- Unsur-unsur teks gosip
- Langkah-langkah menyimpulkan unsur-unsur gosip
- Cara menanggapi isi gosip
- Saintifik
F. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1. Media: LCD proyektor
2. Bahan :
a. Video gosip “Indonesia Raih Enam Medali di Olimpiade Fisika Dunia”
b. Teks berita
3. Sumber belajar:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. Kelas VIII. Draf. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi 4. Badan Jakarta: Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
G. KEGIATAN PEMBELAJARANPertemuan Pertama
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. (PPK) - Guru menanyakan absensi siswa. - Guru memberikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Salah satu siswa membacakan teks gosip perihal kecelakaan di depan kelas. - Siswa menuliskan prediksi isi berita. (Literasi) - Siswa mengidentifikasi isi gosip yang didengar. - Siswa bertanya jawab tentang isi gosip yang didengar. - Guru menanyakan keterkaitan isi gosip dengan bahan yang akan diajarkan. - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat-lima orang. - Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menemukan unsur-unsur gosip yang didengarkan. (4C=Collaboration) - Siswa bersama kelompok menulis pokok-pokok gosip sesuai dengan unsur teks gosip yang ditemukan pada saat mendengarkan berita. - Siswa bersama kelompok menyusun kesimpulan teks berita. (HOTS) - Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas.(4C=communication) - Siswa lain diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan. | 60’ |
Penutup | - Guru memberi penguatan terkait dengan bahan yang telah dipelajari. - Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung. - Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan mencar ilmu mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. (PPK) | 10’ |
H. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1. Teknik Penilaian a. Sikap (spiritual dan sosial) Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
- Tes tertulis (Uraian)
- Penugasan (Lembar Kerja)
- Tes Lisan
- Keterampilan : Praktik (Penilaian Praktik)
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
- pembelajaran ulang
- bimbingan perorangan
- mencar ilmu kelompok
- pemanfaatan tutor sebaya bagi akseptor didik yang belum mencapai ketuntasan mencar ilmu sesuai hasil analisis penilaian.
Berdasarkan hasil analisis penilaian, akseptor didik yang sudah mencapai ketuntasan mencar ilmu diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk ekspansi dan/atau pendalaman bahan (kompetensi) antara lain dalam bentuktugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku rujukan dan mewawancarai narasumber.
Bagaimana apakah bapak dan ibu guru sudah paham perihal penyusunan rpp k13 revisi 2017 terbaru? kami berharap demikian. Jangan lupa Download juga Format rpp bahasa indonesia kelas 8 k13 revisi 2017.
Demikian Panduan Penyusunan rpp kurikulum 2013 revisi 2017 ini. File lengkap dalam format Word Bisa anda download melalui LINK BERIKUT. Semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment