Saturday, September 15, 2018

Soal Ulangan Harian K13 Kelas 6 Semester 1 Tahun 2018 Dan Kunci Jawaban

Soal ulangan harian tematik kelas 6 tahun pelajaran 2018/2019 semester ganjil ini khusus tema 4 globalisasi. Soal ini lengkap mulai dari subtema 1 hingga sub tema 4 serta pembelajaran 1 hingga 6. Soal ulangan harian ini terdiri dari pilihan ganda, uraian dan Isian. Soal-soal ini sangat cocok dijadikan latihan untuk siswa kelas 6 baik itu ulangan harian maupun evaluasi Tengah Semester.

Dibawah ini kami tuliskan soal-soal ulangan harian kelas 6 yang dibuat menurut buku tematik kemendikbud revisi 2018. Soal juga telah memuat atau suport dengan pembelajaran literasi, PPK, HOts dan 4C. Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan soal ini, kami telah menyediakan filenya dalam format word. File bisa di download secara gratis, tapi untuk lengkap semua tema silahkan menghubungi KONTAK KAMI di CHAT WA ke NOMOR 085273216532. Semoga dipahami.

SOAL ULANGAN HARIAN TEMATIK KELAS 6 SEMESTER 1 TAHUN 2018
A.PILIHAN GANDA
1.       Salah satu kiprah dari komite pengembangan sosial ASEAN adalah...
a.       Menanggulangi duduk masalah kependudukan
b.      Meningkatkan penguasaan teknologi
c.       Memberikan pertolongan kemanusiaan
d.      Menyelenggarakan pesta olahraga
2.       Perhatikan negara-negara berikut.
1.       Indonesia
2.       Filipina
3.       Myanmar
4.       Brunai darusalam
 Tiga negara yang menjadi tempat sentra kegiatan ragional SEAMEO ditunjukan oleh angka...
a.       1,2, dan 3
b.      1,2, dan 4
c.       1,3, dan 5
d.      1,4, dan 5
3.       Pahami paragraf berikut.
Listrik berasal berbaga  sumber, salah satunya air dari sungai atau waduk. Sumber energi listrik yangberasal dari ait tersebut Pembangkit  Listrik Tenaga  AIR (PLTA). Pembangkit ini mengubah energi potensi air menjadi energi listrik.
Topik duduk masalah paragraf tersebut adalah...
a.       Sumber energi paling besar di bumi berasal dari air sungai
b.      Sumber energi paling besar berasal dari air waduk
c.       Sumber energi potensi air berasal dari aliran yang besar
d.      Salah satu sumber listrik yaitu air dari sungai atau waduk
4.       Pahami paragraf berikut.
1)      Energi listrik sanggup dihasilkan lantaran adanya gerak tubin dan generator. 2) Tubun bergerak untuk menghasilkan energi gerak. 3) Selanjutnya gerak diubah menjadi energi listrik oleh generator. 4) Energi pelopor tubin selain dari aliran air, jugabisa didapat dari angin (PLTA), geothermal (PLTU), dan sumber energi lainya.
a.       1)
b.      2)
c.       3)
d.      4)
5.       Dinamo menjadi sumber energi listrik untuk menyalakan lampu pada sepeda. Sumber energi listrik tersebut menghasilkan listrik dengan cara...
a.       Mengubah energi kimia pada dinamo
b.      Menggunakan energi gerak dari sepeda
c.       Menggunakan energi gerak pada pedal
d.      Menhunah energi magnet pada dinamo




B. ISIAN
1. Organisasi  Materi-materi Pendidikan Asia Tanggerang (Southeast Asian Ministers of Education Organization SEAMEO dibuat pada...

Paragraf berikut untuk nomor 2 dan 3!
             Di daerah perdesaan yang belum terjangkau listrik, warga terkadang menciptakan pembangkit listrik secara berdikari dengan menfaatkan aliran air dari sungai atau teladas yang ada di daerahnya. Pembangkit tersebut tentunya menghasilkan energi listrik yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik warga sekitar saja. Pembangkit listrik tersebut dinamakan pembangkit listrik mikrohidro.
2. Air terjun sanggup dimanfaatkan masyarakat perdesaan sebagai sumber...
3. Pembangkit listrik yanghanya sanggup mencukupi kebutuhan warga sekitar disebut pembangkit listri...
4. Perhatikan  gambar berikut.

    Pembangkit listrik tersebut memakai tenaga . . .  untuk menghasilkan energi listrik.
5. Panel surya merupakan alat yang bisa mengubah energ  . . .  menjadi energi...

C.URAIAN
1. Jelaskan tujuan utama karja sama dalam bidang sosial dan budaya!

Paragraf berikut untuk nomor 2 dan 3!
             Listrik dihasilkan di sentra pembangkit memakai bermacam-macam sumber energi. Pada pembangkit listrik tenaga air (PLTA) air dari waduk oleh kutup pengaman. Air kemudiab masuk ke tengki pengaman tekanan. Selanjutnya air dialirkan ke tubin melalui kutup pengatur tekanan untuk mendapat tekanan energi yang besar. Energi potensial airkemudian menggerakan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubag menjadi energi listrik oleh generator. Energi listrik dari generator kemudian diatir kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer. Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen oleh seluruh trasmisi.

2.  Apakah yang diketahui pembaca sehabis membaca cuilan topik duduk masalah dalam teks eksplanasi?
3. Tuliskan proses aliran air menjadi listrik!
4. Sebutkan dan jelaskan komposen utama dalam PLTMH!
5. Bagaimana cara dinamo menghasilkan ebergi listrik pada sepeda?


PEMBELAJARAN 2
A.      PILIHAN GANDA
1.       Jony anak seorang pedagang, sedangkan nona anak seseorang petani. Sebaiknya mereka . . . dalam kehidupansehari-hari.
a.       Berbangga diri
b.      Saling menghormati
c.       Saling merendahkan diri
d.      Mementingkan diri sendiri
2.       Contoh profesi yang membutuhkan keahlian bercocok tanam yaitu . . . .
a.       Petani
b.      Peternak
c.       Pedagang
d.      Pegawai
3.       Tujuan reklame komersial yaitu untuk kepentingan . . . .
a.       Sepanduk
b.      Brosur
c.       Buku
d.      Leaflet
4.       Berikut bukan termasuk reklame yaitu . . . .
a.       Sepanduk
b.      Brosur
c.       Buku
d.      Leaflet
5.       Berikut yang termasuk reklame nonkomersial yaitu . . . .
a.       Iklan minuman
b.      Brosur sekolah
c.       Poster gerakan kebersihan
d.      Embalase kemasan biskuit

B.      ISIAN
1.       Kita berada porefesi dengan tetangga. Jika bertemu di jalan, kita hendaknya saling . . . .
2.       Jika kita saling membantu, pekerjaan yang berat terasa . . . .
3.       Reklame yang dibuat oleh pemerintah mempunyai tujuan untuk kepentingan . . . .
4.       Reklame dibuat dengan gaya yang menarik, sehingga sanggup meningkatkan . . . ke[pada konsumen.
5.       Poster untuk mengajak orang menanam pohon menurut tujuannya termasuk reklame . . . .

C.      URAIAN
1.       Tuliskan dua pola profesi di daerah pedesaan !
2.       Bagaimana sikapmu kalau dalam masyarakat terdapat banyak sekali macam profesi ?
3.       Apa yang dimaksud reklame ?
4.       Apa tujuan reklame nonkomersial dibuat?
  5.    Apa tujuan reklame komersial dibuat?

PEMBELAJARAN 3
A.      PILIHAN GANDA
1.       Pahami paragraf berikut.
Dalam kehidupan sehari-hari manfaat listrik sangkat besar. Hampir seluruh peralatan yang ada di rumah memakai listrik. Listrik bisa kita gunakan untuk penerangan, pemanasan, pengdinginan, menggerakan benda dan sarana komusikasi.
       Topik  duduk masalah paragraf tersebut yaitu .....
a.       Sumber energi listrik di indonesia
b.       Jenis peralatan listrik di rumah
c.       Kebutuhan listrik setiap hari
d.      Manfaat listrik bagi kehidupan
2.       Pahami paragraf berikut.
1)      Indonesia beriklim tropis. Kondisi tersebut memungkinkan sinar matahari terus-menerus bersinar sepanjang tahun. 2) angin di indonesia juga berembus dengan kecepatan cukup tinggi. 3) airnya pun melimpah hampir diseluruh  wilayah indonesia. 4) artinya, indonesia kaya sumber energi hijau.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor . . . .
a.       1)
b.      2)
c.       3)
d.      4)
3.        Energi listrik yang disalurkan ke rumah penduduk berasal dari . . . sehabis diturunkan tegangannnya.
a.       Gardu listrik
b.      Gardu distribusi
c.       Gardu transformator
d.      Pusat pembangkit listrik
4.       Mesin yang sanggup mengubah energi gerak air menjadi energi listrik pada PLTA yaitu ....
a.       Turbin
b.      Kincir
c.       Sel surya
d.      Generator
5.       Perhatikan gambar berikut.

Energi listrik diturunkan tegangannya menjadi tegangan menengah 20 kV oleh transformator penurun tegangan terjadi pada cuilan benomor . . . .
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4


 B.ISIAN
Paragraf berikut untuk nomor 1-3!
                Pemekai listrik hijau di indonesia memang kurang populer. Kondisi ini disebabkan mininya warta dan sosialisasi dari pemerintah ihwal manfaat listrik hijau. Beberapa negara di eropa ibarat melta, inggris, prancis, jerman, dan finlandia, sudah mencicipi manfaat listrik hijau. Bahkan, pemerintah Jerman bahkan mengeluarkan dana cukup besar untuk membuatkan penelitian dan pemanfaatan listrik hijau untuk perumahan warganya.
1.       Negara yang membuatkan penelitian dan pemanfaatan listrik hijau yaitu . . . .
2.       Alasan pemakai listrik hijau di indonesia kurang terkenal yaitu mininya . . . dan sosialisasi dari pemerintah ihwal manfaat listrik hujau.
3.       Upahnya mengenalkan sesuatu sehingga menjadi dikenal yaitu arti dari kata . . . .
4.       Pembangkit listrik yang manfaatkan energi geothermal disebut . . . .
5.       Sebutkan tegangan listrik yaitu . . . .

A.      URAIAN
Paragraf berikut untuk nomor 1-3!
           1)Mesin tetas listrik memakai sumber panas dari  energi listrik yang berupa lampu pijar atau elemen pemans. 2) mesin  tetas listrik cocok untuk dipakai di daerah-daerah yang mempunyai jaringan listrik. 3) sumber listrik harus dan mempunyai tegangan yang stabil dan kontinu.
1.       Apakah topik duduk masalah dalam teks eksplanasi tersebut?
2.       Tuliskan kalimat utama paragraf tersebut!
3.       Perbaikilah kalimat 3) pada paragraf tersebut!
4.       Jelaskan yang dimaksud dengan PLTP dan PLTS!
5.       Bagaimana sistem transmisi mempunyai kiprah penting di kurun globalisasi kini ini ? jelskan!

PEMBELAJARAN 4
A.PILIHAN GANDA
Paragraf berikut untuk nomor 1-3
1)Globalisasi  dibangun pada kurun perdagangan anatkaum penjajahab (interimperial trade). 2) perdagangan atar negara di eropa selanjutnya dengan amirika merupakan serangkaian kolaborasi lokal. 3) kolaborasi tersebut mendukung kekuatan di tempat eropa. 4) jadi globalisasi telah melibatkan persaingan dan kolaborasi antara perusahan multinasional di suatu negara untuk menciptakan pasar dunia.
1.       Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada angka . . . .
a.       1)
b.      2)
c.       3)
d.      4)
2.       Topik masalahparagraf tersebut yaitu . . . .
a.       Globalisasi dibangun pada kurun perdagangan antar kaum penjajahan
b.      Globalisasi melibatkan kompetisi antar perusahaan multinasional
c.       Perdagangan di eropa merupakan serangkaian kolaborasi lokal
d.      Kersa jasa pada kurun globalisasi mendukung kekuatan ekonomi di eropa
3.       Sinonim kata kolaborasi yaitu ....
a.       Perpaduan
b.      Penampilan
c.       Kalaborasi
d.      Kopetisi
4.       Sikap yang dihentikan kita tunjukkan kalau mempunyai kelebihan harta yaitu ...
A.      Bohong
B.      Sombong
C.      Rendah hati
D.      Tendah diri
5.       Manfaat kemajuan teknolosi dalam bidang ekonomi yaitu . ...
a.       Terjadinya kemerosotan moral
b.      Menimbulkan perilaku konsumtif
c.       Meningkatnya jumlah  pengangguran
d.      Menghasilkan produk yang berkualitas

B. ISIAN
paragraf berikut untuk nomoR 1-3!
       1)Globalisasi pendidikan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar terdapat tenaga kerja berkualitas. 2) dengan globalisasi pendidikan diharapkan tenaga kerja indonesia sanggup bersaing di pasar dunia. 3) apalagi dengan diterapkannya perdagangan bebas, contohnya dalam lingkup negara-negara ASEAN, mau tidak mau dunia pendidikan di indonesia harus menghasilkan lulusan yang perilaku kerja.
1.       Agar menjadi kata baku kata kwalitas pada kalimat 1) diganti dengan kata . . . .
2.       Topik duduk masalah paragraf tersebut terdapat pada kalimat . . . .
3.       Indonesia harus menghasilkan lulusan yang siap kerja untuk menghadapi globalisasi . . . .
4.       Manusia harus bisa . . . . kemajuan iptek dengan baik .
5.       Kita sanggup meningkatkan kemampuan diri dengan rajin bekerja dan harus . . . .

C.URAIAN
Paragraf berikut untuk nomor 1-3!
     Untuk mrnikmati pendidikan dengan kualitas yang baik diharapkan biaya cukup besar. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab globalisasi pendidikan belum dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Sebagai pola sanggup menikamti aktivitas kelas internasional di derlukan biaya sangat besar. Program tersebut hanya sanggup dinikmati masyarakat dengan tingkat ekonomi yang mapan.
1.       Apakah topik duduk masalah dalam paragraf tyersebut ?
2.       Akibat apa yang dirasakan masyarakat akhir globalisasi pendidikan?
3.       Buatlah kalimat final dari paragraf tersebut!
4.       Sebutkan efek positif keberagaman ekonomi!
5.       Bagaimana cara menyikapi efek negatif keberagaman ekonomi?

PEMBELAJARAN 5
A.PILIHAN GANDA
1.       Perhatika kompetisi olah raga berikut!
1). SEA Games         4) Asian Games
2) Piala Thomas       5) SEABE
3) Piala AFF
Kompetisi olahraga tingkat ASEAN yang ikut oleh indonesia ditunjukan oleh angka . . . .
a.       1,2 dan 3
b.      1,3 dan 5
c.       2,4 dan 5
d.      3,4 dan 5
2.       Indonesia merupakan negara yang aktif memperlihatkan pertolongan ke negara ASEAN yang sedang mengalami bencana. Sikap tersebut dibuktikan dengan memperlihatkan pertolongan dengan memperlihatkan pertolongan pada dikala terjadi peristiwa angin puting-beliung Haiyan di filipina.
Dari pernyataan tersebut sanggup disimpulkan bahwa ....
a.       Indonesia merupakan negara yang aktif dalam kegiatan sosial
b.      Indonesia merupakan negara yang membutuhkan banyak bantuan’
c.       Indonesia menjadi negara yang paling berperan dalam misi kemanusiaan
d.      Indonesia menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang aktif dalam bidamh sosial
3.       Salah saatu upaya yang dilakukan indonesia untuk meningkatkan kolaborasi di bidang sosial budaya yaitu . . . .
a.       Mementaskan budaya indonesia di pentas bersama ASEAN
b.      Memberikan sebagaimana budaya indonesia ke negara ASEAN lainnyaS
c.       Memcampur budaya negara ASEAN lainya dengan budaya indonesia
4.       Berikut yang termasuk reklame komersial yaitu . . .
a.       Brosur restoran
b.      Baliho hidup sehat
c.       Poster irit air bersih
d.      Iklan lainya kesehatan
5.       Berikut  yang termasuk reklame nonkomersial yaitu . . . .
a.       Iklan minuman
b.      Brosur sekolah
c.       Poster gerakan 3M
d.      Embalase kemasan permen

B.ISIAN
1. Southeast Asian-Technical Vocational Education and Training (SEA-TVET) merupakan organusasi
     yang bergerak dalam kegiatan . . . .
2. Manfaat dari adanya kegiatan budaya ASEAN bagi indonesia yaitu meningkatkan kegiatan si
     Sektor . . . .
3. Tujuan pembuatan, poster ada dua yaitu poster . . . . dan . . . .
4. Reklame dibuat dengan gaya yang menarik sehingga sanggup meningkatkan daya tarik . . . .
5. Poster kebudayaan menurut tujuannya termasuk reklame . . . .

C. URAIAN
1. Mengapa indonesia berperan aktif dalam aktivitas pertukaran pelajar?
2. Adanya kegiatan kebudayaan ASEAN sanggup meningkatkan kegiatan parawisata
    di indonesia . Mengapa  demikian?
3. Bagaimana gambar poster yang baik?
4. Apa tujuan reklame bentuk poster kebudayaan dibuat?
5. Apa tujuan reklame komersial dibuat?
PEMBELAJARAN 6
A.PILIHAN GANDA
Paragraf berikut untuk nomor 1-3!
1)          Listrik mempunyai kiprah penting pada kurun globalisasi. 2) Globalisasi terjadi lantaran perkembangan tekonologio di bandingkan bidang, yang didukung oleh kiprah listrik sebagai sumber energi dalamnya. 3) Kehidupan warga dunia dikala ini menjadi sangat akrab dengan listrik. 4) Listrik menjadi cuilan vital dalam kesehatan yang tidak terpisah.
1.      Arti kata vital yaitu . . . .
a.       Faktor utama
b.      Sangat penting
c.       Aspek tambahan
d.      Kebutuhan utama
2.      Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada . . . .
a.       1)
b.      2)
c.       3)
d.      4)
3.      Topik masal paragraf tersebut yaitu . . . .
a.       Sumber energi listrik
b.      Kebutuhan listrik indonesia
c.       Peran listrik dalam kehiodupan
d.      Dampak listrik bagi masyarakat
4.      Asisten rumah tangga sedang membersihkan ruang tamu, sedangkan adik kau membuang sampah sembarangan.Tindakan yang sebaiknya kau lakukan adalah....
a.       membiarkan adik membuang sampah
b.      meminta tangan kanan rumah tangga memarahi adik
c.       menyuruh tangan kanan rumah tangga membersihkannya
d.      meminta adik untuk membuang sampah pada tempatnya
5.      Contoh menghargai profesi orang bau tanah adalah....
a.       membantu pekerjaan orang tua
b.      menambah pekerjaan orang tua
c.       memperoleh uang jajan dari orang tua
d.      memandang rendah jenis pekerjaan orang tua

B. LSIAN

Paragraf berikut untuk nomor 1-3!

1) Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan perusahaan negara yang mengurus bidang kelistrikan. 2) PLN juga tidak mensukai kejadian mati lampu apalagi padam dalam waktu yang cukup lama. 3) Pemadaman listrik sangat mengganggu berjalannya proses Pembangkit-Transmisi- Distribusi energi listrik.

1.      Perbaikan kata tidak baku pada kalimat 2) semoga baku yaitu mensukai menjadi . . . .
2.      Topik duduk masalah paragraf terdapat pada kalimat. . . .
3.      Perusahaan negara yang mengurusi bidang kelistrikan yaitu . . . .
4.       Dengan . . . pekerjaan yang berat akan terasa ringan dan lebih cepat selesai.
5.      Jika tidak bisa melaksanakan pekerjaanseorang diri, kita bisa meminta . . . .orang lain.

C.URAIAN
Paragraf berikut untuk nomor 1-3!

Faktor-faktor penyebab lampu padam di antaranya ketidaksiapan pembangkit atau gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang kuat bisa dari luar (eksternal) dan dari dalam (internal). Faktor luar, yaitu gangguan alam ibarat petir, pohon, dan binatang yang menyentuhjaringan, atau galian yang menjadikan kabel tanah rusak. Sementara itu, faktor dari dalam terjadi pada gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.

1. Apakah topik duduk masalah dalam paragraf tersebut?
2. Jenis gangguan eksternal apa yang menjadikan mati lampu padam?
3. Buatlah kalimat final dari paragraf tersebut!
4. Bagaimana cara terbaik menghargai orang lain?
5. Sebutkan manfaat menghaigai keberagaman ekonomi!

dibawah ini yaitu link download soal ulangan harian kelas 6 tahun 2018, silahkan klik unduh pada tautan yang admin sematkan
- Soal ulangan harian tematik kelas 6 sub tema 1, Unduh

- Soal ulangan harian tematik kelas 6 sub tema 2, Unduh

- Soal ulangan harian tematik kelas 6 sub tema 3, Unduh

- Soal ulangan harian tematik kelas 6 sub tema 4, Unduh

No comments:

Post a Comment