Tuesday, January 16, 2018

Rpp Ipa Kelas 7 K13 Revisi 2017 Semester 2 Dan 1 Terbaru

Sahabat guru, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai RPP, khususnya mata pelajaran IPA tingkat Sekolah Menengah Pertama kelas 7 K13 edisi yang telah direvisi 2017.

Kurikulum 13 Revisi 2017 sudah mulai diterapkan tahun 2017/2018. Oleh alasannya itu, dibutuhkan persiapan manajemen yang mendukung biar kurikulum 2013 ini sanggup dilaksanakan. Administrasi yang wajib dipersiapkan yakni RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sebgai pegangan para guru kelas.

Seperti yang kita tahu, guru menciptakan RPP biar proses belajar-mengajar berjalan sesuai dengan peraturan. Penyusunan RPP mengacu pada Permendikbud 22-24 tahun 2016. Intregrasi RPP yakni sebagai berikut:

1. PKK atau Pendidikan Karakter, wajid terintregasikan dalam proses mencar ilmu mengajar.

2. Mengintegrasikan 4C, yaitu: Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative.

3. HOTS atau Higher Order Thinking Skill juga harus dintegrasikan.

Adapun materi untuk buku mata pelajaran IPA kelas VII Kurikulum 13 Revisi 2017 yakni sebagai berikut:

Berikut yakni pola rpp lengkap ipa revisi 2017 k13 terbaru. kelas 7 yang akan admin bagikan sebagai rujukan guru.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Sekolah                                                 : SMPN 4 Rambang Lubai
Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester                    : VII/Genap
Materi Pokok                       : Sistem Organisasi Kehidupan
Alokasi Waktu                     : 4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abnormal sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.6   Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel hingga organisme dan komposisi utama penyusun sel
3.6.1   Menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan.
3.6.2   Menjelaskan ihwal sistem.
3.6.3   Melakukan pengamatan sel dengan memakai mikroskop.
3.6.4   Melakukan pengamatan jaringan dengan memakai mikroskop.
3.6.5   Menjelaskan pengertian organ.
3.6.6   Membedakan antara jaringan, organ, dan sistem organ.
3.6.7   Menjelaskan konsep sistem organ dan organisme.
3.6.8   Menyebutkan 3 pola sistem organ yang menyusun organisme.
3.6.9   Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui acara presentasi hasil projek sel.
4.6   Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan
4.6.1   Peserta didik sanggup melaksanakan kerja ilmiah di sekolah/laboratorium
4.6.2   Peserta didik sanggup melaksanakan pengamatan sel dengan memakai mikroskop.
4.6.3   Peserta didik sanggup melaksanakan pengamatan jaringan dengan memakai mikroskop.

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, penerima didik dibutuhkan sanggup :
1.       Menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan.
2.       Menjelaskan ihwal sistem.
3.       Melakukan pengamatan sel dengan memakai mikroskop
4.       Melakukan pengamatan jaringan dengan memakai mikroskop
5.       Menjelaskan pengertian organ
6.       Membedakan antara jaringan, organ, dan sistem organ
7.       Menjelaskan konsep sistem organ dan organisme
8.       Menyebutkan 3 pola sistem organ yang menyusun organisme
9.       Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui acara presentasi hasil projek sel.
10.    Peserta didik sanggup melaksanakan kerja ilmiah di sekolah/laboratorium
11.    Peserta didik sanggup melaksanakan pengamatan sel dengan memakai mikroskop.
12.    Peserta didik sanggup melaksanakan pengamatan jaringan dengan memakai mikroskop.

D.      Materi Pembelajaran
Sistem Organisasi Kehidupan
•        Sel
•        Jaringan
•        Organ
•        Sistem organ
•        Organisme

E.      Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan         : Scientific
2.       Metode                 : Diskusi dan Eksperimen
3.       Model                   : Discovery Learning

F.       Media Pembelajaran
v  Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Laboratorium IPA sekolah
Ø Perpustakaan sekolah

v  Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Slide presentasi (ppt)

G.      Sumber Belajar
Ø Buku IPA Kls VII Kemdikbud
Ø Buku lain yang menunjang
Ø Multimedia interaktif dan Internet

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran

1.
Pertemuan Ke-1 (3 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan citra ihwal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan ihwal materi :

Konsep Organisasi Kehidupan

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
Memberitahukan ihwal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
santunan
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Konsep Organisasi Kehidupan dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Konsep Organisasi Kehidupan
Pemberian contoh-contoh materi Konsep Organisasi Kehidupan untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Konsep Organisasi Kehidupan
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konsep Organisasi Kehidupan
Mendengar

Pemberian materi Konsep Organisasi Kehidupan oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global ihwal materi pelajaran mengenai materi :

Konsep Organisasi Kehidupan



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan ihwal materi :

Konsep Organisasi Kehidupan


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi suplemen ihwal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Konsep Organisasi Kehidupan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman ihwal materi Konsep Organisasi Kehidupan yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konsep Organisasi Kehidupan yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konsep Organisasi Kehidupan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bantu-membantu membahas pola dalam buku paket mengenai materi Konsep Organisasi Kehidupan
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi ihwal materi Konsep Organisasi Kehidupan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

A.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.       Teknik Penilaian (terlampir)
a.     Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi menurut pengamatan sikap dan sikap penerima didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan pribadi dilakukan oleh guru. Berikut pola instrumen evaluasi sikap
No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
75
75
50
75
275
68,75
C
2
...
...
...
...
...
...
...


Keterangan :
•    BS : Bekerja Sama
•    JJ : Jujur
•    TJ : Tanggun Jawab
•    DS : Disiplin

Catatan :
1.  Aspek sikap dinilai dengan kriteria:
100     = Sangat Baik
75        = Baik
50        = Cukup
25        = Kurang
2.  Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3.  Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00         = Cukup (C)
00,00 –  25,00        = Kurang (K)
5.  Format di atas sanggup diubah sesuai dengan aspek sikap yang ingin dinilai

-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya sentra pembelajaran dari guru kepada penerima didik, maka penerima didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun biar evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari evaluasi diri ini, memilih kompetensi yang akan dinilai, kemudian memilih kriteria evaluasi yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format evaluasi :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100


Catatan :
1.  Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00         = Cukup (C)
00,00 –  25,00        = Kurang (K)
5.  Format di atas sanggup juga dipakai untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

-        Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta penerima didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan evaluasi hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, menciptakan kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya. Berikut Contoh format evaluasi sahabat sebaya:

Nama yang diamati       : ...
Pengamat                         : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau mendapatkan pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah ketika diberi kritik.
100

5
...

50

Catatan :
1.  Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 :500) x 100 = 90,00
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00         = Cukup (C)
00,00 –  25,00        = Kurang (K)

-        Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)


 pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai RPP RPP IPA Kelas 7 K13 Revisi 2017 Semester 2 dan 1 Terbaru

Untuk mendapatkan password RAR file rpp ipa smp dibawah silahkan hubungi saya di facebook alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". Terima kasih

  • download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Sistem Organisasi Kehidupan - COMOT RPP

  • download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Sistem Organisasi Kehidupan - COMOT RPP

  • download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan - COMOT RPP

  • download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Pencemaran Lingkungan - COMOT RPP

  • download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Perubahan Iklim - COMOT RPP

  • download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok tata surya - COMOT RPP

  • download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Lapisan Bumi dan Bencana - COMOT RPP
  • download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan Pengamatannya semester ganjil Doc - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Klasifikasi Makhluk Hidup ganjil Doc - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Zat dan Karakteristiknya semester ganjil Doc - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Suhu dan Perubahannya semester ganjil Doc - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Kalor dan Perpindahannya semester ganjil Doc - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas 7 kurikulum 2013 Kalor dan Perpindahannya semester ganjil Doc - COMOT RPP

No comments:

Post a Comment