Sunday, January 14, 2018

Rpp Pjok Kelas 4 Semester 2 & 1 K13 Edisi Revisi 2017 Terbaru

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) seringkali menjadi mata pelajaran yang sangat digemari siswa, melihat praktik lebih mayoritas dibandingkan teori. Permainan kasti, bola voli, lompat jauh dan senam lantai menjadi materi untuk PJOK kelas 4 SD pada semester genap 2018. Para guru pun harus merencanakan dengan baik RPP dari mata pelajaran ini. Masih mengacu pada sumber yang sama yakni Permendikbud, semua permainan pada kurikulum haruslah dirancang sebaik mungkin. Dengan tujuan pencapaian, siswa mengerti sistem dan bisa bermain permainan dengan baik.

Mata pelajaran PJOK ini memang berbeda dengan mata pelajaran lainnya, disebabkan PJOK lebih berfokus pada praktik di lapangan sehingga dengan adanya RPP, diperlukan para guru tidak mengalami tumpang tindih antara pemberian teori dan praktik. Dimana porsi teori harus lebih sedikit dibandingkan praktik.

Di dalam pembuatan Kompetensi Dasar (KD) pun selain siswa aktif dalam praktik, nilai-nilai sosial tetap harus tersampaikan dalam RPP ini menyerupai rasa tanggung jawab, kerjasama tim, kooperatif, jujur dan bisa melatih diri untuk mempunyai tubuh yang sehat secara jasmani. Kini, cara pembuatan dan pola RPP dari semua pelajaran termasuk PJOK sudah tersedia di banyak laman internet. Anda sanggup menyebabkan beberapa situs sebagai refernsi, salah satunya yaitu situ Permendikbud nomor 22 tahun 2016.

Untuk lebih jelasnya berikut yaitu pola rpp kurikulum 2013 mapel pjok edisi revisi 2017. Semoga bermanfaat.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Sekolah                       :SDN 5 Palembang
Mata Pelajaran            : PJOK
Kelas/Semester            : 4/2 (Genap)
Materi                                      :Cidera dan penanggulangannya
Pembelajaran ke          : Minggu 13
Alokasi Waktu            : 4 x 35 menit

A.      Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan sikap jujur,   disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba menurut rasa ingin wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8  Memahami mekanisme gerak dasarsatu gaya renang ***)
4.8  Mempraktikkan gerak dasarsatu gaya renang ***)

·    Siswa menyimak informasi dan peragaan materi wacana jenis-jenis cidera dan cara penanggulangan-nya dikala melaksanakan acara fisik dan dalam kehidupan sehari-hari.
·    Siswa melaporkan/ memaparkan hasil pengamatan dihadapan guru dan sahabat sekelas wacana cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana.
·    Siswa mendapat umpan balik dari diri sendiri, sahabat dalam kelompok, dan guru.
·    Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi wacana cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana secara individual atau berkelompok dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama.
·    Hasil berguru siswa dinilai selama proses dan di selesai pembelajaran



C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan siswa mampu:
1.      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi wacana jenis-jenis cidera dan cara penanggulangan-nya dikala melaksanakan acara fisik dan dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Siswa melaporkan/ memaparkan hasil pengamatan dihadapan guru dan sahabat sekelas wacana cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana.
3.      Siswa mendapat umpan balik dari diri sendiri, sahabat dalam kelompok, dan guru.
4.      Siswa menciptakan kesimpulan hasil diskusi wacana cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana secara individual atau berkelompok dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama.
5.      Hasil berguru siswa dinilai selama proses dan di selesai pembelajaran


                                                                                                                          
D.      Materi Pembelajaran.
·     Jenis-jenis cidera
·     Cara penanggulangannya dikala melaksanakan acara fisik dan dalam kehidupan sehari-hari

Kamu sudah berguru wacana memar.  Sekarang kau akan berguru wacana
cedera luka dan lepuh. Kamu akan sanggup menolong sahabat atau mereka yang

membutuhkan.

A.      Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan



Guru
Orientasi
·         Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
·         Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa yaitu siswa yang hari itu tiba paling awal (Menghargai kedisiplinan siswa)
·         Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap dikala dan keuntungannya bagi tercapainya cita – cita.
·         Menyanyikan salah satu Lagu Wajib/Lagu Nasional. Guru memperlihatkan penguatan wacana pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
·         Siswa diminta untuk menyidik kerapian diri dan kebersihan kelas
·         Siswa memperhatikan klarifikasi guru wacana tujuan, manfaat dan acara pembelajaran yang akan dilakukan.
·         Siswa menyimak klarifikasi guru wacana pentingnya sikap disiplin, kerjasama, danmandiri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Aperpepsi
·         Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan
Motivasi
·         Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
·         Apabila materi tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi sesuai tema
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
·         Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran

30 menit
Kegiatan Inti
Materi : Cidera dan penanggulangannya

Sintak Model Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
·         Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan wacana kisah masa kecil salah satu tokoh dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina, Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh dll).

·         Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
-       apa yang tergambar pada sampul buku?
-       apa judulbuku?
-       kira-kira buku ini menceritakan apa?
-       pernahkah kau membaca judul menyerupai itu?
-       apa saja yang kau ingin ketahui dari buku ini?
·         Guru  membacakan dongeng pada buku dan  memperlihatkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.
·         Setelah guru membacakan buku, siswa diminta menuliskan kesimpulan / ringkasan dongeng pada selembar kertas berwarna.
·         Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan salah satu lagu anak-anak.
·         Berikan penguatan bahwa cita – cita, apapun itu harus di capai dengan kerja keras.

·         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi :Cidera dan penanggulangannyadengan cara :
Ø  Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan
Ø  Mengamati
Lembar kerja materi :Cidera dan penanggulangannya
pemberian contoh-contoh materi :Cidera dan penanggulangannyauntuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb
Ø  Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan :Cidera dan penanggulangannya
Ø  Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait :Cidera dan penanggulangannya
Ø  Mendengar
Pemberian materi :Cidera dan penanggulangannyaoleh guru
Ø  Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi :
:Cidera dan penanggulangannya
·         Siswa diajak untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi
·         Siswa mempertunjukkan hasil kerja kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi dari tempat di Indonesia. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya semoga menghasilkan harmoni yang indah
·         Siswa dan guru merayakan kegiatan pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain peran
165 menit
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan wacana materi :

:Cidera dan penanggulangannya

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
·         Mengamati dengan seksama materi sub :Cidera dan penanggulangannyayang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
Membaca sumber lain selain buku teks
·         Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi :Cidera dan penanggulangannyayang sedang dipelajari
Aktivitas
·         menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi :Cidera dan penanggulangannyayang sedang dipelajari
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
·         mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi :Cidera dan penanggulangannyayang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
·         Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas pola dalam buku paket mengenai materi :Cidera dan penanggulangannya
Mengumpulkan informasi
·         Mencatat semua informasi wacana materi :Cidera dan penanggulangannyayang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar
Mempresentasikan ulang
·         Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri sub tema :Cidera dan penanggulangannyasesuai dengan pemahamannya
Saling tukar informasi tentang materi:
·         :Cidera dan penanggulangannya
dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi wacana data dari Materi :
:Cidera dan penanggulangannya
mengolah informasi dari materi :Cidera dan penanggulangannyayang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan santunan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi :Cidera dan penanggulangannya


Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi :
:Cidera dan penanggulangannya
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik.

Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentangmateri :Cidera dan penanggulangannyaberupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi :
:Cidera dan penanggulangannya
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  :Cidera dan penanggulangannyadan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
Bertanya atas presentasi wacana materi  :Cidera dan penanggulangannyayang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi :
:Cidera dan penanggulangannya
Menjawab pertanyaan wacana materi  :Cidera dan penanggulangannyayang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan
Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  :Cidera dan penanggulangannyayang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  :Cidera dan penanggulangannyayang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Catatan : Selama pembelajaran  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Penutup
·            Siswa bersama guru melaksanakan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
Ø  Apa saja yang telah dipahami siswa?
Ø  Apa yang belum dipahami siswa?
Ø  Bagaimana perasaan selama pembelajaran?
Materi wacana sub tema:
yang gres dilakukan

·           Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·           Siswa menyimak klarifikasi guru wacana acara pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk memberikan kegiatan bersama orangtua
·           Siswa menyimak dongeng motivasi wacana pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur
·           Siswa menyanyikan lagu gembira
·        Siswa melaksanakan operasi semut untuk menjaga kebersihan
kelas.
·           Mengingatkan siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan ruang berguru tetap higienis dan mencuci tangan dengan sabun
·           Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 Menit

I. Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi menurut pengamatan sikap dan sikap penerima didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan eksklusif dilakukan oleh guru. Berikut pola instrumen evaluasi sikap
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan  RPP PJOK Kelas 4 Semester 2 & 1 k13 Edisi Revisi 2017 Terbaru

Untuk mendapat password rar file format lengkap rpp ips kelas 8 dibawah ini silahkan kunjungi fb saya di alamat berikut: https://web.facebook.com/perangkatguru

  • rpp acara senam lantai k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)

  • rpp acara gerak berirama k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)

  • rpp renang gaya bebas k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)

  • rpp acara cidera dan penanggulangannya k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)

  • rpp acara prilaku terpuji dalam kehidupan sehari hari revisi 2017 - (COMOT RPP)
  • rpp variasi gerak dasar permainan bola besar k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)

  • rpp variasi gerak dasar permainan bola kecil k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)

  • rpp variasi gerak dasar gerak olahraga jalan cepat k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)

  • rpp variasi gerak lari jarak pendek k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)

  • rpp kebugaran k13 revisi 2017 - (COMOT RPP)

  • rpp bela diri revisi 2017 - (COMOT RPP)

No comments:

Post a Comment