Saturday, January 13, 2018

Rpp Pkn Kelas 7 Semester 2 & 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Memasuki tahun anutan semester genap di 2018 ini, menyebabkan para guru dan siswa harus mempersiapkan banyak hal untuk kenaikan kelas juga kelulusan. Jika Anda yaitu guru, tentu Anda haruslah merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran alias RPP bukan? Sama halnya dengan kurikulum yang seringkali berganti seiring perkembangan zaman, begitu pula RPP yang berkali-kali mengalami revisi.

Pada artikel kali ini, penulis akan membahas wacana RPP mata pelajaran PKN di kurikulum 2013 khususnya untuk siswa kelas 7 SMP. Perlu kita ketahui bahwa RPP ini telah mengalami perubahan menjadi edisi revisi 2017. Dikutip dari rpp-kurikulum2013.com , berikut ini yaitu ciri-ciri yang wajib Anda ketahui mengenai ketentuan pembuatan RPP edisi revisi 2017;

Memasuki tahun anutan semester genap di  RPP PKN Kelas 7 Semester 2 & 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
  1. KI-KD harus menurut Permendikbud 24/2016
  2. Pemetaan KD harus menurut silabus dan buku guru revisi 2017
  3. Format RPP harus menurut Permendikbud 22/2016
  4. RPP harus terintegrasi PPL, Literasi 4C dan HOTS
  5. Format evaluasi harus menurut Permendikbud 23/2016

Beberapa hal fundamental lainnya yang harus dipersiapkan yaitu pembuatan silabus, perancangan Kompetensi Dasar dan tujuan yang akan didapat siswa sehabis mempelajari materi sesuai silabus tersebut. Tak lupa, di kurikulum 2013 ini siswa tetap ditekankan untuk memakai Power Point sebagai media pembelajaran utama. Dalam PKN ini siswa akan mempelajari diantaranya mengenai Hak Asasi Manusia (HAM), Pancasila dan Kebebasan mengemukakan pendapat. Selain teori, yang dihentikan Anda lupakan yaitu menyisipkan acara praktik di setiap materi dan hal tersebut haruslah masuk ke dalam RPP yang Anda rencanakan

Jelasnya berikut kami bagikan teladan format rpp pkn k13 reviisi 2017 terbaru dengan semua materi pokok.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Sekolah                 : SMP...
Mata Pelajaran    : PPKn
Kelas/Semester    : VII/Genap
Materi Pokok       : Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Alokasi Waktu     : 9 Minggu x 3 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1:Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya.
·         KI2:Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan tempat regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah aneh sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
1.5 Mensyukuri makna ker ja sama dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat.
1.5.1 Bersyukur kepada Tuhan atas karunia persatuan dan kerjasama yang dilakukan bangsa Indonesia.
1.5.2 Ber pendapat secara jujur wacana arti pentingnya ker ja sama dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat.
2.5 Mendukung bentuk-bentuk kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat.
2.5.1 Menghargai pendapat wacana ar ti pentingnya kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat.
2.5.2 Bersemangat dalam mendorong kerjasama dilingkungan sekolah.
3.5 Menganalisis bentuk-bentuk kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat.
3.5.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam banyak sekali bidang kehidupan.
3.5.2 Memahami pentingnya ker jasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3.5.3 Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
3.5.4 Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan Negara.
3.5.5 Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat beragama.
4.5 Menunjukkan bentuk-bentuk kolaborasi di pelbagai bidang kehidupan masyarakat
4.5.1 Berperilaku tanggung jawab dalam bekerjasama di banyak sekali bidang kehidupan masyarakat.
4.5.2 Meneladani sikap kerjasama yang didapatkan dalam lingkungan ke- hidupan.
4.5.3 Mempresentasikan bentuk-bentuk kerjasama yang sanggup dilakukan siswa.

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, akseptor didik diperlukan dapat:
1.       Bersyukur kepada Tuhan atas karunia persatuan dan kerjasama yang dilakukan bangsa Indonesia.
2.       Ber pendapat secara jujur wacana arti pentingnya ker ja sama dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat.
3.       Menghargai pendapat wacana ar ti pentingnya kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat.
4.       Bersemangat dalam mendorong kerjasama dilingkungan sekolah.
5.       Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam banyak sekali bidang kehidupan.
6.       Memahami pentingnya ker jasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
7.       Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
8.       Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan Negara.
9.       Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat beragama.
10.    Berperilaku tanggung jawab dalam bekerjasama di banyak sekali bidang kehidupan masyarakat.
11.    Meneladani sikap kerjasama yang didapatkan dalam lingkungan ke- hidupan.
12.    Mempresentasikan bentuk-bentuk kerjasama yang sanggup dilakukan siswa.

D.      Materi Pembelajaran
1.       Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara
Sejarah mencatat bahwa usaha bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan merupakan hasil ker ja sama rakyat yang ber juang mengusir penjajah dari bumi nusantara. Bangsa Indonesia meyakini bahwa kemerdekaan yang diraih mer upakan atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan hasil ker ja sama rakyat tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, sopan santun istiadat, agama dan bahasa daerah. Semangat kolaborasi para pejuang bangsa merebut dan mempertahankan kemerdekaan harus mendorong setiap warga negara untuk mengisi kemerdekaan dengan melaksanakan kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan untuk melaksanakan pembangunan nasional. Pembangunan nasional yaitu usaha secara sadar untuk mewujudkan suatu masyarakat Indonesia yang adil dan makmur menurut Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Bentuk kolaborasi atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sanggup nampak dalam kehidupan sosial politik, ekonomi, keamanan dan pertahanan, dan umat beragama.



2.       Arti Penting Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Bagi bangsa Indonesia keberagaman merupakan kekayaan yang sangat berharga.Keberagaman merupakan ciri khas bangsa Indonesia yang membedakannya dari bangsa-bangsa lain di dunia.Melalui kerjasama dalam banyak sekali kehidupan keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekuatan untuk mencapai tujuan nasional.Hal tersebut sesuai dengan semboyan negara kita, Bhineka Tunggal Ika.

3.       Mewujudkan Kerjasama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan
Kerjasama telah menjadi akar budaya masyarakat Indonesia.Secara turun temurun, kerjasama dalam banyak sekali kehidupan telah dilakukan oleh masyarakat. Hal ini didorong oleh kodrat insan sebagai makhluk sosial yang intinya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya selalu membutuhkan dukungan dari orang lain. Salah satu nilai luhur bangsa Indonesia yaitu gotong royong.Sebagai sifat bangsa, gotong royong telah tumbuh, dan hidup bersama dalam bangsa Indonesia. Gotong royong yang didalamnya terdapat unsur kolaborasi sanggup dilaksanakan dalam banyak sekali lingkungan kehidupan, yaitu kehidupan sekolah, kehidupan masyarakat, kehidupan berbangsa dan bernegara.

E.      Metode Pembelajaran
1.       Materi pokok per temuan pertama membahas kerjasama dalam banyak sekali bidang kehidupan. Materi pokok ini mempunyai alokasi waktu 120 menit atau satu kali pertemuan. Pembelajaran memakai discovery learning , metode diskusi dengan model pembelajaran Think Pair and Share .

2.       Materi pokok pertemuan kedua membahas wacana kerjasama dalam bidang sosial politik, ekonomi, per tahanan dan kemananan serta kerjasama sesama umat beragama. Materi pokok ini mempunyai alokasi waktu 120 menit atau satu kali per temuan. Pembelajaran memakai problem base learning , metode diskusi dengan model kajian kearifan lokal . Kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan saintifik mulai dari mengamati suatu kejadian nyata dilingkungan, kemudian mendiskusikan kejadian nyata tersebut dalam kelompok.

3.       Materi pokok pertemuan Ketiga membahas arti penting ker jasama dalam banyak sekali bidang kehidupan. Materi pokok ini mempunyai alokasi waktu 120 menit atau satu kali pertemuan. Pendekatan pembelajaran memakai discovery learning , metode diskusi dengan mewawancarai nara sumber . Kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan saintifik mulai dari mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan.

4.       Materi pokok per temuan keempat membahas wacana mewujudkan ker jasama dalam banyak sekali lingkungan kehidupan. Materi pokok ini mempunyai alokasi waktu 1 × 120 menit. Pembelajaran memakai project base learning , metode diskusi dengan model memanfaatkan TIK . Kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan saintifik mulai dari mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

5.       Materi pokok pertemuan kelima mewujudkan kerjasama dalam banyak sekali bidang kehidupan. Materi pokok ini mempunyai alokasi waktu 1 × 120 menit atau satu kali pertemuan. Pembelajaran memakai problem base learning , metode diskusi dengan model simulasi.

F.       Media Pembelajaran
1.       Laptop
2.       LCD
3.       Power Point
4.       Internet

G.      Sumber Belajar
1.       Saputra, Lukman Surya, dkk.. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.       Internet

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran

1.
Pertemuan Ke-1 (3 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi :

Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat
Pemberian contoh-contoh materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat
Mendengar

Pemberian materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi :

Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan wacana materi :

Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali tumpuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bantu-membantu membahas teladan dalam buku paket mengenai materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi wacana materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi wacana data dari Materi :

Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat


Mengolah informasi dari materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan dukungan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan wacana materi :

Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bantu-membantu membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  wacana materi Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi :

Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi wacana materi  Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi :

Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat


Menjawab pertanyaan wacana materi  Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran wacana materi  Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  yang gres dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  yang gres diselesaikan.
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  pribadi diperiksa untuk materi pelajaran  Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat  kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.

A.      Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik evaluasi kompetensi sikap memakai teknik evaluasi pengamatan sikap. Pedoman pengamatan sikap sanggup memakai format :

Pedoman Pengamatan Sikap
                Kelas                      : …
Hari, Tanggal        : …
Pertemuan Ke -    : …
Materi Pokok        : …
No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian*
Mensyukuri Pancasila
Menghargai Jasa Pahlawan
Peduli
Tanggung Jawab
Kerjasama




























* Aspek yang dinilai sanggup diubahsuaikan dengan materi

Skor evaluasi memakai skala 1-4, yaitu :
·         Skor 1 apabila akseptor didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai.
·         Skor 2 apabila akseptor didik adakala sesuai aspek sikap yang dinilai.
·         Skor 3 apabila akseptor didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai.
·         Skor 4 apabila akseptor didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai.

2.       Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik evaluasi kompetensi pengetahuan dengan mengobservasi balasan dan diskusi yang berkembang dari diskusi dan tanya jawab yang dilakukan oleh guru.

Instrumen Observasi Pengetahuan
Kelas : .......................
Semester : .......................

Pengetahuan yang dinilai :
(Materi Pertama)………………………………………………………………………………
(Materi Kedua)...………………………………………………………………………………
(Materi Ketiga)…...……………………………………………………………………………
dst.

No
Nama Peserta Didik
Jawaban Peserta Didik
Menjawab Saja
Mendefinisikan
Mendefinisikan dan Sedikit Uraian
Mendefinisikan
dan Penjelasan Logis
1
2
3
4
1





2





3





Observasi pengetahuan akseptor didik dilakukan dalam bentuk mengamati diskusi dan pemikiran logis yang berkembang dalam diskusi.Penskoran acara diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100.Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.
·         Skor 1 jikalau balasan hanya berupaya menjawab saja.
·         Skor 2 jikalau balasan berupa mendefinisikan.
·         Skor 3 jikalau balasan berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
·         Skor 4 jikalau balasan berupa mendefinisikan dan klarifikasi logis.

Nilai = Skor Perolehan × 25

3.       Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan akseptor didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam menawarkan masukan/ saran, serta mengapresiasi pada dikala memberikan hasil telaah wacana Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.Lembar evaluasi penyajian dan laporan hasil telaah sanggup memakai format di bawah ini, dengan ketentuan aspek evaluasi dan rubriknya sanggup diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.





No
Nama Peserta Dididk
Kemampuan Bertanya
Kemampuan Menjawab/ Berargumentasi
Memberi Masukan/ Saran
Mengapresiasi
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1



























































































Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist ()
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

Nilai = Skor Perolehan × 50
2

Pedoman Penskoran (Rubrik)

No.
Aspek
Penskoran
1
Kemampuan Bertanya
Skor 4 apabila selalu bertanya.
Skor 3 apabila sering bertanya.
Skor 2 apabila adakala bertanya.
Skor 1 apabila tidak pernah bertanya
2
Kemampuan Menjawab/ Argumentasi
Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
3
Kemampuan Memberi Masukan
Skor 4 apabila selalu memberi masukan.
Skor 3 apabila sering memberi masukan.
Skor 2 apabila adakala memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.
4
Mengapresiasi
Skor 4 apabila selalu menawarkan pujian.
Skor 3 apabila sering menawarkan pujian.
Skor 2 apabila adakala memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.


4.       Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan diberikan kepada siswa yang telah menguasai materi. Bentuk pengayaan sanggup dilakukan dengan antara lain sebagai berikut.
a.       Guru menawarkan kiprah untuk mempelajari lebih lanjut wacana materi pokok dari banyak sekali sumber dan mencatat hal-hal penting. Selanjutnya menyajikan dalam bentuk laporan tertulis atau membacakan di depan kelas.
b.       Peserta didik membantu akseptor didik lain yang belum tuntas dengan pembelajaran tutor sebaya.

5.       Remedial
Remedial dilaksanakan untuk siswa yang belum menguasai materi dan belum bisa memahami perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.Kegiatan remedial dilakukan dengan mengulang materi pembelajaran apabila akseptor didik yang sudah tuntas di bawah 75%. Sedangkan apabila akseptor didik yang sudah tuntas lebih dari 75% maka kegiatan remedial sanggup dilakukan dengan :
a.       Mengulang materi pokok di luar jam tatap muka bagi akseptor didik yang belum tuntas,
b.       Memberikan penugasan kepada akseptor didik yang belum tuntas,
c.        Memberikan kesempatan untuk tes perbaikan.
Perlu diperhatikan bahwa materi yang diulang atau dites kembali yaitu materi pokok atau keterampilan yang menurut analisis belum dikuasai oleh akseptor didik.Kegiatan remedial bagi kompetensi sikap dilakukan dalam bentuk pelatihan secara holistis, yang melibatkan guru bimbingan konseling dan orang tua.

6.       Interaksi Guru dan Orang Tua
Interakasi guru dengan orang bau tanah sanggup dilakukan melalui beberapa langkah antara lain sebagai berikut. (1) Guru meminta kerjasama dengan orang bau tanah untuk mendampingi akseptor didik mempersiapkan sosiodrama. (2) Guru meminta akseptor didik menunjukkan hasil pekerjaan yang telah dinilai/ dikomentari guru kepada orang tuanya. Kemudian orang bau tanah mengomentari hasil peker jaan siswa.Orang bau tanah sanggup menuliskan apresiasi kepada anak sebagai bukti perhatian mereka semoga anak senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Hasil evaluasi yang telah diparaf guru dan orang bau tanah kemudian disimpan dan menjadi portofolio siswa 

Untuk mendapat password rar file format lengkap rpp pkn kelas 7 dibawah ini silahkan kunjungi fb saya di alamat berikut: https://web.facebook.com/perangkatguru

  • download rpp Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara ( COMOT RPP)

  • download rpp Norma dan Keadilan ( COMOT RPP)

  • download rpp Perumusan dan Pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ( COMOT RPP)

  • download rpp Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika ( COMOT RPP)

  • download rpp Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan ( COMOT RPP)

  • download rpp Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia ( COMOT RPP)

No comments:

Post a Comment