Monday, January 15, 2018

Rpp Pai Kelas 4 K13 Revisi 2017 Semester 2 & 1 Terbaru

RPP ialah akronim dari rencana pelaksanaan pembelajaran yang dijadikan contoh oleh guru sebelum proses mencar ilmu mengajar berlangsung. Kehadiran RPP sangatlah penting, sebab tanpa adanya RPP seorang guru tidak mempunyai contoh untuk mengelola keadaan kelas dan materi yang akan disampaikan pada akseptor didik. RPP Pendidikan Agama Islam bagi kelas 4 SD dengan kurikulum 2013 revisi tahun 2017 semester 2 membahas dua surat pendek dalam Al-Quran (Al-Maun dan Al-Fiil).

Pembahasan mengenai surat Al-Maun dan Al-Fiil yaitu siswa diminta untuk membaca, menghafal, dan menulis kedua surat tersebut. Pembahasan mengenai malaikat Allah yaitu siswa diminta untuk mengetahui makna beriman pada malaikat Allah, mengenal malaikat Allah beserta tugasnya, mendapatkan keberadaan malaikat Allah, dan mencerminkan sikap iktikad pada malaikat Allah. Pembahasan mengenai berperilaku terpuji yaitu siswa diminta untuk berperilaku terpuji dengan cara gemar membaca, pantang menyerah, rendah hati, dan hemat. Pembahasan mengenai shalat yaitu siswa diminta untuk mengetahui keutamaan shalat, mengetahui sikap yang mencerminkan pemahaman ibadah shakat, serta menceritakan pengalaman shalat di rumah dan di masjid.

Untuk lebih jelasnya eksklusif saja admin bagikan contoh rpp pai BP kelas 4 revisi 2017 terbaru yang telah disusun menurut permendikbud nomor 22 tahun 2016.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)


Sekolah                                   :SDN 1 Prabumulih
Mata Pelajaran                        : PAI-BP
Kelas/Semester                        : 4/2 (Genap)
Materi                                      :Perilaku hemat
Pembelajaran ke                      : Minggu 19          
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit

A.      Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan sikap jujur,   disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba menurut rasa ingin wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.8    Meyakini bahwa sikap ekonomis sebagai cerminan dari iman.
2.8    Menunjukkan sikap hemat.
3.1        Memahami perilaku hemat.
4.1        Mencontohkan perilaku hemat.
·      Menyimak klarifikasi wacana perilaku hemat.
·      Mengamati gambar wacana perilaku hemat.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan wacana perilaku hemat.
·      Mengajukan pertanyaan wacana perilaku hemat.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan wacana perilaku hemat.
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok wacana perilaku hemat.
·      Menguhubungkan pelajaran wacana perilaku ekonomis dengan sikap dan sikap warga sekolah sehari-hari.
·      Menyampaikan hasil diskusi wacana perilaku hemat.
·      Menyampaikan hasil pengamatan wacana perilaku hemat.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.


C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan siswa mampu:
1.      Menyimak klarifikasi wacana sikap hemat.
2.      Mengamati gambar wacana sikap hemat.
3.      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan wacana sikap hemat.
4.      Mengajukan pertanyaan wacana sikap hemat.
5.      Secara kelompok kecil mendiskusikan wacana sikap hemat.
6.      Membuat catatan hasil diskusi kelompok wacana sikap hemat.
7.      Menguhubungkan pelajaran wacana sikap ekonomis dengan sikap dan sikap warga sekolah sehari-hari.
8.      Menyampaikan hasil diskusi wacana sikap hemat.
9.      Menyampaikan hasil pengamatan wacana sikap hemat.
10.  Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.

D.      Materi Pembelajaran.
Perilaku hemat
Anak-anak, air ialah karunia Allah yang sangat berguna. Kita sanggup memakai
air untuk mandi,  wu«u dan lain-lain. Oleh sebab itu, kita harus ekonomis dan tidak boros
(muba©ir) menggunakannya. Cara menghemat air ialah :
1.   menutup kran air setelah menggunakannya ; dan
2.   mengambil air secukupnya dari gayung.
Selain  air, kita juga harus menghemat uang jajan. Anak yang ekonomis tidak menghabiskan
uang jajannya setiap pergi ke sekolah, tetapi menabung sebagian  uangnya di tabungan.



E.       Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran        :   Tanya jawab, diskusi, Cooperative Learning, demonstrasi.
Pendekatan Pembelajaran  :Saintifik

F.       Mediadan Alat/Bahan Pembelajaran
·      Laptop dan Infocus
·      Powerpoint Materi Pembelajaran
·      Gambar/foto
·      Spidol dan whiteboard

G.      Sumber Pembelajaran
·      Al-Qur’an dan Terjemahan
·      Buku Guru Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas IV, Kemendikbud, Revisi 2017.
·      Buku Siswa Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas IV, Kemendikbud, Revisi 2017.
·      Buku rujukan lain yang relevan
·      Lingkungan setempat

H.      Langkah-langkah Pembelajaran


Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan



Guru
Orientasi
·         Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
·         Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa ialah siswa yang hari itu tiba paling awal ( Menghargai kedisiplinan siswa )
·         Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap ketika dan keuntungannya bagi tercapainya cita – cita.
·         Menyanyikan salah satu Lagu Wajib/Lagu Nasional. Guru memperlihatkan penguatan wacana pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
·         Siswa diminta untuk menyelidiki kerapian diri dan kebersihan kelas
·         Siswa memperhatikan klarifikasi guru wacana tujuan, manfaat dan acara pembelajaran yang akan dilakukan.
·         Siswa menyimak klarifikasi guru wacana pentingnya sikap disiplin, kerjasama, danmandiri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Aperpepsi
·         Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan
Motivasi
·         Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
·         Apabila materi tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi sesuai tema
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
·         Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran

30 menit
Kegiatan Inti
Materi : Perilaku hemat

Sintak Model Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
·         Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan wacana kisah masa kecil salah satu tokoh dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina, Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh dll).

·         Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
-       apa yang tergambar pada sampul buku?
-       apa judulbuku?
-       kira-kira buku ini menceritakan apa?
-       pernahkah kau membaca judul menyerupai itu?
-       apa saja yang kau ingin ketahui dari buku ini?
·         Guru  membacakan dongeng pada buku dan  memperlihatkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.
·         Setelah guru membacakan buku, siswa diminta menuliskan kesimpulan / ringkasan dongeng pada selembar kertas berwarna.
·         Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan salah satu lagu anak-anak.
·         Berikan penguatan bahwa cita – cita, apapun itu harus di capai dengan kerja keras.

·         Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi :Perilaku hematdengan cara :
Ø  Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan
Ø  Mengamati
Lembar kerja materi :Perilaku hemat
pemberian contoh-contoh materi :Perilaku hematuntuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
Ø  Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan :Perilaku hemat
Ø  Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait :Perilaku hemat
Ø  Mendengar
Pemberian materi :Perilaku hematoleh guru
Ø  Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi :
:Perilaku hemat
·         Siswa diajak untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi
·         Siswa mempertunjukkan hasil kerja kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi dari tempat di Indonesia. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya biar menghasilkan harmoni yang indah
·         Siswa dan guru merayakan kegiatan pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain peran
165 menit
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan wacana materi :

:Perilaku hemat

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi aksesori wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
·         Mengamati dengan seksama materi sub :Perilaku hematyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
Membaca sumber lain selain buku teks
·         Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi :Perilaku hematyang sedang dipelajari
Aktivitas
·         menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi :Perilaku hematyang sedang dipelajari
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
·         mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi :Perilaku hematyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
·         Peserta didik dan guru secara bantu-membantu membahas contoh dalam buku paket mengenai materi :Perilaku hemat
Mengumpulkan informasi
·         Mencatat semua informasi wacana materi :Perilaku hematyang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar
Mempresentasikan ulang
·         Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri sub tema :Perilaku hematsesuai dengan pemahamannya
Saling tukar informasi tentang materi:
·         :Perilaku hemat
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi wacana data dari Materi :
:Perilaku hemat
mengolah informasi dari materi :Perilaku hematyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi :Perilaku hemat


Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam pertanda wacana materi :
:Perilaku hemat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bantu-membantu membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.

Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentangmateri :Perilaku hematberupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi :
:Perilaku hemat
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  :Perilaku hematdan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
Bertanya atas presentasi wacana materi  :Perilaku hematyang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi :
:Perilaku hemat
Menjawab pertanyaan wacana materi  :Perilaku hematyang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan
Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  :Perilaku hematyang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  :Perilaku hematyang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Catatan : Selama pembelajaran  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Penutup
·            Siswa bersama guru melaksanakan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
Ø  Apa saja yang telah dipahami siswa?
Ø  Apa yang belum dipahami siswa?
Ø  Bagaimana perasaan selama pembelajaran?
Materi wacana sub tema:
yang gres dilakukan

·           Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·           Siswa menyimak klarifikasi guru wacana acara pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk memberikan kegiatan bersama orangtua
·           Siswa menyimak dongeng motivasi wacana pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur
·           Siswa menyanyikan lagu gembira
·        Siswa melaksanakan operasi semut untuk menjaga kebersihan
kelas.
·           Mengingatkan siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan ruang mencar ilmu tetap higienis dan mencuci tangan dengan sabun
·           Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 Menit
RPP ialah akronim dari rencana pelaksanaan pembelajaran yang dijadikan contoh oleh guru  RPP PAI Kelas 4 K13 Revisi 2017 Semester 2 & 1 Terbaru
Untuk mendapatkan password rar file rpp kelas 4 pai kelas 4 revisi 2017 semester genap dibawah silahkan kunjungi FB saya di "https://web.facebook.com/perangkatguru".

No comments:

Post a Comment