Wednesday, August 8, 2018

Rpp Kimia Kurikulum 2013 Kelas X & Xi Revisi 2018 Semester 1 Dan 2

Sahabat guru SMA/ Sekolah Menengah kejuruan dimanapun anda berada. Paket lengkap 1 tahun Perangkat pembelajaran Kimia kelas X dan Xi (10 dan 11) K13 edisi terbaru telah kami sediakan. Perangkat terdiri dari BUku kerja 1 yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Cover, Penetapan Indikator, Analisis keterkaitan KI dan KD, Analisis Standar Kompetensi lulusan, Pemetaan kompetensi dan format penilaian, KKM/ KBM, Analisis alokasi waktu, Analisis kompetensi. Pada buku kerja 2 disusun dokumen Lembar penilaian, Kode etik, Jurnal harian, Kalender pendidikan, Promes dan prota. Kesemuan file dalam format word dan excel.

Sesuai dengan judul postingan, RPP k13 Kimia kelas 10 terdiri dari 6 (enam) materi Pokok yakni untuk 3 (tiga) materi pokok semester ganjil ialah Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamat¬an dan keamanan kimia di laboratori- um, serta kiprah Kimia dalam kehidupan, Struktur Atom dan Tabel Periodik, Ikatan Kimia, Bentuk Molekul, dan Interaksi Antarmolekul.

Untuk materi pokok kimia kelas 10 semester genap yang disusun pada RPP ialah Larutan Elektrolit dan Larutan Nonelektrolit, Reaksi Reduksi dan Oksidasi serta Tata nama Senyawa dan terakhir Hukum-hukum Dasar Kimia dan Stoikiometri.

Sedangkan untuk materi pembelajaran kimia kelas 11 terbaru ada 10 (sepuluh) antara lain Senyawa Hidrokarbon, minyak bumi, Termokimia, Laju Reaksi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Kesetimbangan Kimia dan Pergeseran Kesetimbangan, Asam dan Basa, Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam, Larutan Penyangga, Titrasi, Sistem Koloid. Semua yang admin tuliskan diatas merupakan materi lengkap kimia kelas 11 semester ganjil dan genap. Semoga dipahami

RPP kimia k13 kelas 10 dan 11 ini kami susun juga menurut Permendikbud nomor 22 tahun 2016 yang telah sesuai format dengan pembelajaran kurun 21 dalam artinya telah terinput acara pembelajaran Literasi, Penguatan pendidikan huruf (PPK), 4C dan hots. Contoh rpp telah kami upload kedalam file google drive sehingga bisa bapak dan ibu lihat penampakkannya dibawah ini.

 tahun Perangkat pembelajaran Kimia kelas X dan Xi  RPP Kimia kurikulum 2013 kelas X & Xi Revisi 2018 Semester 1 dan 2
  • DOWNLOAD RPP KIMIA KELAS X K13 SEMESTER GANJIL DOC- SIMPAN FILE

  • DOWNLOAD RPP KIMIA KELAS X K13 SEMESTER GENAP DOC- SIMPAN FILE

  • DOWNLOAD RPP KIMIA KELAS Xi K13 SEMESTER GANJIL DOC- SIMPAN FILE

  • DOWNLOAD RPP KIMIA KELAS Xi K13 SEMESTER GENAP DOC- SIMPAN FILE

CONTOH K13 RPP KIMIA Sekolah Menengan Atas REVISI 2018


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                               : SMA 1 UNGGULAN
Mata Pelajaran                    : Kimia
Kelas/Semester                    : X / Ganjil
Materi Pokok                       : Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia,  keselamat­an dan keamanan kimia di laboratori-
um, serta kiprah Kimia dalam kehidupan
Alokasi Waktu                     : 3 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit
A.      Kompetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan.

      A.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator
3.1    Menjelaskan metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium, serta kiprah kimia dalam kehidupan
·   Mengidentifikasi banyak sekali produk yang mengandung materi kimia dalam kehidupan sehari-hari.
·   Mengidentifikasi alat-alat laboratorium kimia dan fungsinya
·   Mengidentifikasi beberapa materi kimia dan sifatnya (mudah meledak, gampang terbakar, beracun, penyebab iritasi, korosif, dan lain-lain).
·   Memahami cara kerja ilmuwan kimia dalam melaksanakan penelitian dengan memakai metode ilmiah (membuat hipotesis, melaksanakan percobaan, dan menyimpulkan)
·   Merancang percobaan ilmiah, contohnya memilih variabel yang menghipnotis kelarutan gula dalam air dan mempresentasikan hasil percobaan.
·   Menjelaskan hakikat ilmu Kimia
·   Memahami mekanisme standar perihal keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium.
·   Memahami  peran Kimia dalam penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, menyerupai biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan menyerupai pertambangan, kesehatan, pertanian, perikanan dan teknologi.
4.1    Menyajikan hasil rancangan dan hasilpercobaan ilmiah
·   Menyajikan hasil rancangan percobaan ilmiah, contohnya memilih variabel yang menghipnotis kelarutan gula dalam air dan mempresentasikan hasil percobaan.
·   Menyajikan kiprah Kimia dalam penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, menyerupai biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan menyerupai pertambangan, kesehatan, pertanian, perikanan dan teknologi.

A.     
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, akseptor didik dibutuhkan dapat:
·         Mengidentifikasi banyak sekali produk yang mengandung materi kimia dalam kehidupan sehari-hari.
·         Mengidentifikasi alat-alat laboratorium kimia dan fungsinya
·         Mengidentifikasi beberapa materi kimia dan sifatnya (mudah meledak, gampang terbakar, beracun, penyebab iritasi, korosif, dan lain-lain).
·         Memahami cara kerja ilmuwan kimia dalam melaksanakan penelitian dengan memakai metode ilmiah (membuat hipotesis, melaksanakan percobaan, dan menyimpulkan)
·         Merancang percobaan ilmiah, contohnya memilih variabel yang menghipnotis kelarutan gula dalam air dan mempresentasikan hasil percobaan.
·         Menjelaskan hakikat ilmu Kimia
·         Memahami mekanisme standar perihal keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium.
·         Memahami  kiprah Kimia dalam penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, menyerupai biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan menyerupai pertambangan, kesehatan, pertanian, perikanan dan teknologi.
·         Menyajikan hasil rancangan percobaan ilmiah, contohnya memilih variabel yang menghipnotis kelarutan gula dalam air dan mempresentasikan hasil percobaan.
·         Menyajikan kiprah Kimia dalam penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, menyerupai biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan menyerupai pertambangan, kesehatan, pertanian, perikanan dan teknologi.

B.      Materi Pembelajaran
Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia,  keselamat­an dan keamanan kimia di laboratori­um, serta kiprah Kimia dalam kehidupan
·   Metode ilmiah
·   Hakikat ilmu Kimia
·   Keselamat­an dan keamanan kimia di laboratori­um
·   Peran Kimia dalam kehidupan

C.      Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

D.      Media Pembelajaran
Media :
·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·         Lembar penilaian
·         LCD Proyektor

Alat/Bahan :
·         Penggaris, spidol, papan tulis
·         Laptop & infocus

E.      Sumber Belajar
·         Buku Kimia Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016
·         Buku refensi yang relevan,
·         Lingkungan setempat

Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan perihal materi :
Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.
v Mendengar
Pemberian materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :
Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan perihal materi :
Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali referensi dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas referensi dalam buku paket mengenai materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi perihal materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi perihal data dari Materi :
Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia
v Mengolah informasi dari materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menunjukan perihal materi :
Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :
Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi perihal materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :
Ø Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia
v Menjawab pertanyaan perihal materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang gres dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang gres diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.

Diatas hanyalah referensi saja rpp kimia pertemuan pertama, untuk file lengkapnya bisa anda liha preview dibawah ini.


No comments:

Post a Comment