Saturday, November 18, 2017

Program Kerja Wali Kelas Tahun Pelajaran 2017/2018 Fomat Word

terbaru porgram wali kelas kurikulum 2013, guru kelas sd, format doc dan excel tahun 2017/2018 - Sahabat Zagim, seorang guru bertanggung jawab penuh terhadap penerima didik ketika berada di lingkungan sekolah dan selama jam sekolah berlangsung, artinya seorang guru berubah kiprah menjadi orang renta bagi penerima didik menggantikan orang renta kandung mereka. dalam lingkungan sekolah yang menjabat sebagai orang renta bagi penerima didik yakni semua guru bahkan staf manajemen namun yang paling bertanggungjawab yakni guru wali kelas. Jangan lupa download juga Aplikasi Administrasi Guru Kelas Lengkap

Itulah mengapa Wali kelas bertanggungjawab terhadap semua siswa kelasnya selama satu tahun pelajaran, biasanya satu kelas mempunyai satu guru wali kelas. wali kelas bertugas mengawasi segala tingkah laris siswa kelas, menuntaskan permasalahan, membantu kesulitan bahkan bertanggungjawab terhadap peningkatan hasil mencar ilmu siswa kelasnya.

Guru yang diberi kiprah sebagai wali kelas biasanya ditunjuk oleh kepala sekolah dan dimuat dalam surat keputusan (SK) pembagian kiprah lantaran kiprah sebagai wali kelas bertanggungjawab dalam peningkatkan ketaqwaan siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, membantu pengembangan potensi/ prestasi yang dimiliki oleh siswa, membantu pengembangan keterampilan, bakat, dan minat baik dibidang akademik maupun non akademik siswa. meningkatkan dan membina kebijaksanaan pekerti dan kepribadian siswa, semoga menjadi insan yang berakhlak mulia dan seorang guru wali kelas harus bisa mengayomi satu kelas siswa yang mempunyai sifat yang berbeda-beda. Jangan lupa download juga Program Kerja Wakil Kepala Sekolah Tahun 2016/2017

Untuk mencapai/melaksanakan segala kiprah tersebut seorang wali kelas haruslah menciptakan banyak sekali taktik dan perencanaan. pengenalan dat aprofil siswa mulai dari latar belakang keluarga sampai segala sifat siswa dan perencanaan yang akan dilakukan seorang wali kelas dijelaskan dalam sebuah jadwal kerja yang menjadi salah satu file manajemen sebagai seorang guru yang harus dibentuk dan diserahkan kepala kepala sekolah.

Pembuatan jadwal kerja wali kelas dibutuhkan sebagai panduan seorang wali kelas untuk mengelola kelas menjadi aman dan terarah sebagai penunjang peningkatan keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikan di sekolah khususnya ruang kelas mencar ilmu siswa. jadwal kerja biasanya dibentuk awal semester atau tahun pelajaran baru.

Contoh Program Kerja Wali Kelas Untuk SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan SMK

nah ketika ini merupakan awal tahun pelajaran baru. kali ini penulis akan membantu kiprah para wali kelas dengan membagikan contoh jadwal wali kelas. silahkan diunduh/didownload dan dibagikan kepada guru lain yang membutuhkan. berikut rangkuman contoh jadwal kerja wali kelas tahun 2016/2017 yang bisa di download melalui tautan yang kami sematkan dibawah

Adapun Daftar isi Program kerja wali kelas ini yakni sebagai berikut:

  1. KATA PENGANTAR
  2. DAFTAR ISI
  3. BAB I PENDAHULUAN ………………………………… 1
    A. Latar Belakang ………………………… 1
    B. Dasar Hukum ………………………………1
    C. Maksud danTujuan . ………………1
    D. Sistematika Penulisan …… 2
  4. BAB II PENGORGANISASIAN KELAS VII-D.……………… 3
    A. Susunan pengurus VII-D .…………………………… 3
    B. Struktur dan kiprah pokok ……………………………… 3
    C. Rincian kiprah ………………………………… 4
  5. BAB III PROGRAM WALI KELAS VII-D .………………… 6
    A. Program wali kelas ........... 6
    B. Kegiatan pembelajaran kelas VII-D.………………… 7
    C. Kegiatan kelas berdasar kalender ………… 8
  6. BAB IV PENUTUP ………………...10
KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan Kehadlirat Allah SWT, atas rahmat dan ridlo-Nya sehingga kami sanggup menyusun Program kerja wali kelas tahun pelajaran 2016/2017 SMPN 3 Rambang Dangku. Program Kerja wali kelas ini merupakan salah satu bab dari t ang- gung jawab wali kelas sebagai pendidik dan pembimbing siswa di sekolah.

Program Kerja Wali kelas ini disusun sebagai pedoman atau pegangan wali kelas untuk mengelola kelas secara baik dan terarah guna meningkatkan dan menunjang keber- hasilan siswa dalam menempuh pendidikan di sekolah. Wali kelas sebagai orang renta siswa di sekolah yang diberi kiprah untuk mengawasi, membimbing, memotivasi dan mengarahkan dan menyelsaikan duduk masalah siswa semoga selalu mempunyai tanggung jawab untuk belajar.dengan adanya jadwal kerja ini diharapkan kelas menjadi daerah yang nyama, dan aman untuk berlangsungnya proses pembelajaran.

Program kerja wali kelas ini sanggup tersusun dengan berkat tunjangan dan atensi dari banyak sekali pihak, untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada:

1. Bapak kepala sekolah SMPN 3 Rambang Dangku;
2. Bapak pembantu kepala sekolah bidang kurikulum;
3. Bapak pembantu kepala sekolah bidang kesiswaan;
4. Guru-guru dan staf tata perjuangan ;
5. Siswa dan siswi kelas VII tahun pelajaran 2016/2017

Kami menyadari dan berharap dengan tersusunnya jadwal ini peningkatan hasil mencar ilmu khususnya di kelas dan umumnya di SMPN 3 Rambang Dangku . Mudah-mudahan dengan tersusunnya jadwal kerja ini kerja sanggup menjadi pedoman baik bagi wali kelas dan guru-guru di SMPN 3 Rambang Dangku.

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 perihal Sistem Pendi- Dikan Nasional ( Sisdiknas ) menetapkan bahwa tujuan Pendidikan Nasional yakni untuk berkembangnya potensi penerima didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Untuk mewujudkan tujuan di atas maka peranan Kepala sekolah mempunyai nilai yang sangat strategis, alasannya yakni secara pribadi maupun tidak langsung, Wali Kelas sebagai perencana (planning) mempunyai kiprah dan tanggung jawab yang sangat besar, khususnya dalam upaya peningkatan hasil mencar ilmu siswa. Tanggung jawab wali kelas yang diberi kiprah untuk membembing dan memotivasi siswa semoga sanggup mencar ilmu dengan hasil yang baik dan maksimal

Mengacu pada banyak sekali hal di atas perlu kiranya disusun Program Kerja Wali kelas di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rambang Dangku, sebagai pola dari adanya planning dan seluruh aktivitas yang berkaitan dengan kelas sehingg guru sebagai pengajar sanggup meningkatkan kener- janya secara optimal. Program ini disusun sebagai pola pedoman aktivitas di kelas selama tahun pelajaran 2016/2017 Sesuai dengan Visi, Misi, dan Tujuan serta Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rambang Dangku.

B. Dasar Hukum

Dasar Hukum dalam penyusunan Program Kerja Wali kelas di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gabus- wetan Kabupaten Indramayu yakni sebagai berikut :

  1. UU RI Nomor 20 tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Surat Keputusan Mendiknas Republik Indonesia nomor 060/U/1993
  3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 19 tahun 2007
  4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2007
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 41 tahun 2007
  6. Keputusan rapat kepala sekolah perihal pembagian kiprah kerja tahun 2016/2017
  7. Visi dan misi sekolah
C. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan dari disusunya Program Kerja wali kelas di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rambang Dangku tahun pelajaran 2016/2017 ini yakni sebagai:

  1. Sarana untuk merencanakan jadwal penataan kelas VII-D
  2. arana untuk jadwal pelaksanaan K-6
  3. alat untuk membina dan mendidik siswa kelas VII-D
  4. untuk mengevaluasi keadaan kelas VII-D
  5. sarana untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan
  6. bahan penilaian perihal tupoksi wali kelas
 seorang guru bertanggung jawab penuh terhadap penerima didik ketika berada di lingkungan s Program Kerja Wali Kelas Tahun Pelajaran 2017/2018 Fomat Word
C. Rincian Tugas

Untuk sanggup melakukan kiprah dalam kerja di kelas IX-4 dengan baik, sehingga pelaksanaan jadwal sanggup tercapai maka dibutuhkan rincian kiprah kerja sebagai pedoman bagi pengurus kelas IX-4 SMPN 3 Rambang Dangku yakni sebagai berikut :

  1. Kepala Sekolah
    a. Melaksanakan kiprah sebagai penanggung jawab;
    b. Memberi motivasi, penemuan serta isyarat pada Wali kelas dan siswa;
    c. Melakukan supervisi aktivitas wali kelas;
    d. Menganggarkan dana kebutuhan kelas.
  2. Wakasek Bidang Kesiswaan
    a. Membantu kepala sekolah dalam ;
    b. Memberi motivasi, penemuan serta isyarat pada Wali kelas dan siswa;
    c. Melakukan supervisi aktivitas wali kelas;
  3. Wali Kelas
    a. Melaksanakan tanganggung jawab wakil dari sekolah;
    b. Mengelola kelas
    c. Menyelenggarakan adaministrasi kelas yang meliputi: skema daerah duduk siswa jadwal pelajaran, daftar piket kelas, jurnal kelas, dan tata tertib kelas
    d. Mamantau kemajuan dan prestasi akademik siswa;
    e. Mengetahui identitas dan kepribadian anak didik;
    f. Membemberikan motivasi, penemuan pada siswa kelas;
    g. Melaporkan secara bersiklus perihal kemajuan siswa.
    h. Mengetahui tingkat kemampuan, status sosial/ekonomi anak didik;
    i. Merekapitulasi kehadiran siswa;
    j. Pengisian daftar kumpulan nilai siswa (legger);
    k. Pembuatan catatan khusus perihal siswa;
    l. Pencatatan mutasi siswa;
    m. Pengisian buku laporan hasil mencar ilmu siswa;
    n. Pembagian buku laporan hasil mencar ilmu siswa;
BAB III
PROGRAM PENGELOLAAN KELAS


A. Program Wali Kelas

Program kerja wali kelas VII-D SMPN 3 Rambang Dangku, semoga sanggup berjalan dengan baik diharapkan perencanan dan pelaksanaan pengelolaan secara baik dan professional. maka diharapkan planning kerja yang teroganisir, adapun tahapan pelak sanaan aktivitas pengelolaan kelas terdiri atas aktivitas manajemen dan pengadaan sarana kelas, adapun tahapan aktivitas wali kelas sebagai berikut:

 seorang guru bertanggung jawab penuh terhadap penerima didik ketika berada di lingkungan s Program Kerja Wali Kelas Tahun Pelajaran 2017/2018 Fomat Word

berikutnya pribadi saja download file lengkap ms word jadwal kerja wali kelas sd, smp, sma dan smk terbaru 2017/2018 doc melalui Link berikut. Semoga Posting ini bermanfaat dan membawa berkah untuk kita semua

No comments:

Post a Comment