Saturday, November 18, 2017

Rpp Bahasa Indonesia Sma Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc Kelas X, Xi, Xii

Update RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas k13 Revisi 2017 terintegrasi hots, ppk, literasi, 4c Lengkap - Sahabat guru, satu hari telah kita lalui masa liburan bersama keluarga yang bersamaan juga dengan hari raya Idul fitri. Tak terasa sebentar lagi para guru akan bertugas kembali menjalankan kewajibannya mendidik Anak Bangsa. Pertanyaannya Sudahkah bapak ibu guru mempersiapkan perangkat pembelajaran untuk acara mencar ilmu mengajar pada awal tahun pedoman gres nanti?
Perangkat pembelajaran memang wajib dibentuk sebelum melakukan acara mencar ilmu mengajar, alasannya ialah itu sudah kiprah rutin para guru pastinya tidak akan kesulitan kan dalam menyusun seluruh dokumen yang bekerjasama dengan perangkat pembelajaran. Adapun salah satu dokumen penting dalam penyusunan perangkat pembelajaran ialah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), nah sebagai seorang guru yang profesional bapak ibu guru harus menciptakan RPP dengan benar serta mengikuti perubahan-perubahan terbaru dan akan lebih baik lagi bila RPP dibentuk lebih kreatif.
Sebagaimana yang bapak dan ibu guru tahu, Acuan dalam menciptakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah silabus, jadi sebelum RPP dibentuk tentu saja bapak ibu harus menuntaskan Silabus, nah alasannya ialah yang akan dibahas pada posting ini ialah RPP Untuk Kurikulum 2013 bukan KTSP, ada baiknya kita melihat kembali apa saja perubahan pada RPP yang sudah direvisi pada kurikulum 2013 tahun 2016. disini ada 2 poin yang kami rangkum dalam pembuatan RPP dan Silabus K-13 terbaru.
  1. Silabus Kurikulum 2013 edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, dan acara pembelajaran.
  2. Pada RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang dipakai dan materi dibentuk dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik evaluasi (jika ada).
 satu hari telah kita lalui masa liburan bersama keluarga yang bersamaan juga dengan hari  RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc Kelas X, XI, XII

RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi

Pada posting kali ini RPP yang akan blog Zagim bagikan ialah mata pelajaran wajib bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 semester 1 dan 2 kelas X, XI, dan XII. nah untuk RPP mata pelajaran lain, akan kami bagikan pada posting berikutnya. Nah berikut salah satu teladan rangkuman RPP kelas X mapel wajib Bahasa Indonesia
Baca juga: Contoh RPP Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Sekolah Menengan Atas K-13
A.      Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnyadengan mematuhi norma-norma bahasa Indonesia serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan menawarkan sikap pro-  aktif sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam kehidupan sosial secara efektif dengan memiliki sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia serta mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia dan mengapresiasi sastra Indonesia.
KI 3 :
Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahu tentang  bahasa dan sastra Indonesia serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian bahasa dan sastra yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan dilema ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  untuk mengembangkanilmu bahasa dan sastra Indonesia secara berdikari dengan memakai metode ilmiah sesuai kaidah keilmuan terkait.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator

1.3.      Mengetahui dan memahami definisi dan karakteristik sastra, jenis-jenis dan struktur sastra, serta memahami sastra sebagai karya seni dan bidang ilmu yang erat dengan kita
2.4.      Mengembangkan sikap apresiatif dalam menghayati karya sastra.

3.5.        Membandingkan karakteristik prosa usang dan gres serta mengapresiasinya
Indikator :

3.5.1.    Mengidentifikasi karakteristik prosa usang
3.5.2.    mengidentifikasi karakteristik prosa baru.
3.5.3.    Menyebutkan struktur Prosa
3.5.4.    Mendeskripsikan karakteristik prosa lama
3.5.5.    Mendeskripsikan karakteristik prosa baru
3.5.6.    Membandingkan karakteristik prosa usang dan prosa baru
3.5.7.  Mengetahui dan memahami definisi dan karakteristik sastra, jenis-jenis dan struktur sastra, serta memahami sastra sebagai karya seni dan bidang ilmu yang erat dengan kita.
3.5.8.  Mengembangkan sikap apresiatif dalam menghayati karya sastra.
4.5.    Menginterpretasi isi prosa usang dan baru
Indikator : Menginterpretasi isi prosa usang dan baru
Download RPP dan silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013
  • silabus bahasa indonesia sma kurikulum 2013 revisi 2017 : [SIMPAN FILE
  • Download RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas k13 revisi 2017 - SIMPAN RPP Doc
Demikian share Download RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas k13 format pdf dan doc Revisi tahun pelajaran 2017/2018 revisi terbaru. Semoga bermanfaat, nah saran kami, sesudah mengunduh RPP diatas silahkan cek lagi. Baiklan bila membutuhkan berikut kami bagikan juga contoh RPP Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013

No comments:

Post a Comment