Saturday, November 18, 2017

Rpp Pai Sma Kurikulum 2017 Revisi 2017 Kelas X, Xi. Xii Doc

Update RPP PAI dan akal pekerti Sekolah Menengan Atas k13 revisi 2017 terintegrasi hots, ppk, literasi dan 4C terbaru - Pada dasarnya setiap guru menginginkan tercapainya tujuan pembelajaran. Nah salah satu kunci sukses seorang guru dalam mencapai semua itu tidak luput dari kegiatan pembelajaran yang baik dan kreatif. Guru yang profesional tentunya mengerti bagaimana semoga proses pembelajaran berjalan sesuai tujuan dan mencapai Indikator terhadap kompetensi penerima didik khususnya pada bidang mata pelajaran yang diajarkan. Nah salah satu pendukung dari kegiatan tersebut yaitu perangkat pembelajar.

Perangkat pembelajaran yaitu alat/bahan yang harus dipersiapkan oleh setiap guru dan merupakan kewajiban. Tanpa perangkat pembelajaran proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik sehingga apa yang diajarkan akan sulit di terima oleh penerima didik. Dalam perangkat pembelajaran terdapat beberapa dokumen pendukung menyerupai Silabus, Prota, Promes, KKM, dan RPP, semuanya harus dibentuk pada awal tahun pembelajaran dengan benar dan kreatif, sedangkan yang akan kita bahas pada postingan kali ini yaitu Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)

Apa itu RPP?
Rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Nah artinya RPP ini sangat penting dan bekerjasama dengan kegiatan berguru mengajar di kelas. Yang perlu diingat setiap siswa mempunyai tingkat kemampuan berfikir yang berbeda-beda dalam menyerap materi yang diajarkan para guru, Dengan demikian Teknik mengajar yang kreatif sangat diperlukan. Oleh alasannya itu RPP harus dibentuk dengan benar.

Adapun RPP yang akan kami share pada posting kali ini yaitu Untuk Guru Sekolah Menengan Atas Pelaksana Kurikulum 2013. Namun sangat disayangkan RPP yang kami bagikan khusus untuk Guru mata pelajaran Wajib Pendidikan Agama dan Budi pekerti Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2 Tahun 2016/2017. Walaupun demikian, sebelumya blog ini juga telah menyebarkan beberapa tumpuan RPP mapel lain menyerupai RPP Seni budaya (DISINI), Prakarya dan Kewirausahaan (DISINI), Matematika (Disini), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan atau PJOK (Disini), PKN (disini), dan yang terakhir yaitu Sejarah Indonesia (disini). Sedangkan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bimbingan Konseling, Kimia, Fisika, Akan kami bagikan pada posting berikutnya

 Pada dasarnya setiap guru menginginkan tercapainya tujuan pembelajaran RPP Pai Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2017 Revisi 2017 kelas X, XI. Xii Doc

Contoh RPP Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 SMA/SMK Revisi

Sahabat guru, RPP yang kami bagikan ini dalam bentuk dokumen ms word sehingga akan lebih gampang mengeditnya nanti, terutama bagi bapak ibu yang dikala ini sedang liburan, tidak perlu repot nanti. Namun kami sarankan untuk tetap mengedit dan menyesuaikan dengan Revisi kurikulum 2013 terbaru tahun 2017. Nah berikut salah satu tumpuan RPP pendidikan Agama Islam kelas X Sekolah Menengan Atas K13

A.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian:

2.3
Menunjukkan sikap kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait
3.1
Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49): 10; serta hadits perihal kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
Indikator:
-     Mampu mengidentifikasi hukum tajwid Q.S. Al-Anfal: 72dengan benar
-     Mampu menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Al-Anfal: 72
-     Mampu menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Anfal: 72
3.2
Memahami manfaat dan nasihat kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
Indikator:
-     Mampu menjelaskan pengertian kontrol diri (mujahadah an-nafs)
-     Mampu mengidentifikasi hikmah dan manfaat perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs).
-     Mampu mengatakan sikap kontrol diri (mujahadah an-nafs)seperti yang terkandung dalam Q.S. Al-Anfal: 72
4.1.1
Membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
Indikator:
-     Mampu membaca Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar,
-     Mampu menyalin Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar
4.1.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dengan lancar.
Indikator:
-     Mampu mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar


B.        Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mendiskusikan, menyimpulkan dan mengomunikasikan, penerima didik diharapkan:
1.     Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Anfal: 72 dengan benar
2.     Mampu menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Al-Anfal: 72
3.     Mampu menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Anfal: 72
4.     Mampu menjelaskan pengertian kontrol diri (mujahadah an-nafs)
5.     Mampu mengidentifikasi nasihat dan manfat sikap kontrol diri (mujahadah an-nafs).
6.     Mampu menunjukkan sikap kontrol diri (mujahadah an-nafs)seperti yang terkandung dalam Q.S. Al-Anfal: 72
7.     Mampu membaca Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar
8.     Mampu menyalin Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar
9.     Mampu mendemonstrasikan hafalanQ.S. Al-Anfal: 72 dengan baik dan benar

C.        Materi Pembelajaran:
1.    Fakta:
-       Adanya sikap menyimpang seperti; radikalisme, ekstrimisme, dan selalu menganggap paling benar (ekslusivisme),
2.    Konsep:
-       Kontrol diri (mujahadah an-nafs/ pengertian jihad yang benar),
3.    Prinsip
-       Manfaat mujahadah/ jihad yang sesuai dengan anutan Islam yang benar,
-       Hikmah mujahadah/ jihad yang sesuai dengan anutan Islam yang benar.

D.        Metode Pembelajaran
1.     Ceramah,
2.     Diskusi,
3.     Tanya jawab, dan
4.     Praktik

E.         Metode Pembelajaran
5.     Ceramah,
6.     Discovery Learning,
7.     Base Learning,
8.     Diskusi,
9.     Tanya jawab, dan
10. Praktik.

F.         Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    LCD Proyektor
2.    Film Tawuran Pelajar
3.    Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
4.    Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
5.    BukuPAI pegangan siswa Sekolah Menengan Atas kelas X

6.    Buku lain yang memadai

Berikut kami bagikan File silabus dan RPP Pendidikan Agama dan akal pekerti k13 revisi 2017 kelas x, xi, xii dilengkapi mapel lainnya yakni agama kristen, katolik, hindu, dan budha.

Adapun untuk rpp pai dan akal pekerti smk kurikulum 2013 revisi 2017 silahkan share di psotingan berikutnya

Download RPP dan silabus Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013

Demikian perihal tumpuan RPP Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Sekolah Menengan Atas revisi 2017. Semoga bermanfaat, dan sekali lagi di sesuaikan dengan perubahan k-13. Berikutnya silahkan bapak ibu unduh contoh RPP mapel wajib Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas K13

No comments:

Post a Comment